Laboratorium Eksplorasi Luar Angkasa China Diresmikan

28 February 2022, 10:19 WIB

Laboratorium Eksplorasi Luar Angkasa China Diresmikan-Image-1

Laboratorium Eksplorasi Luar Angkasa - Image from 西安新闻网

Hefei, Bolong.id - Laboratorium Eksplorasi Luar Angkasa didirikan bersama oleh Administrasi Antariksa Nasional, Provinsi Anhui, dan Universitas Sains dan Teknologi Tiongkok, di Hefei, ibukota Provinsi Anhui, Tiongkok, Sabtu (26/2/2022). 

Dilansir dari 中国日报网  Sabtu (26/2/2022), laboratorium ini untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi kedirgantaraan dunia.

Dirinci, antara lain, kebutuhan strategis pembangkit tenaga kedirgantaraan nasional, mengembangkan strategis proyek di sekitar proyek ilmiah dan teknologi utama nasional dan rencana ilmiah utama internasional di bidang eksplorasi luar angkasa. 

Berwawasan ke depan, penelitian dasar, dan lembaga penelitian dan pengembangan teknologi baru yang mewujudkan pengembangan sains, teknologi, dan teknik yang terintegrasi. 

Laboratorium Eksplorasi Luar Angkasa yang berkantor pusat di Hefei dan cabangnya berlokasi di Beijing. Laboratorium ini akan fokus pada tugas-tugas teknik utama di bidang eksplorasi ruang angkasa nasional. 

Melakukan penelitian teknologi rekayasa secara keseluruhan, penelitian teknologi interdisipliner yang sedang berkembang, silsilah ilmu antariksa dan penelitian menyeluruh, ilmu dan penelitian dasar perbatasan, penelitian teknologi, serta aktif melakukan transformasi capaian ilmu pengetahuan dan teknologi.

Zhang Kejian (张克俭), direktur Badan Antariksa Nasional, mengatakan bahwa Badan Antariksa Nasional akan mempromosikan pembangunan dan pengoperasian laboratorium dengan kualitas tinggi sesuai dengan perjanjian pembangunan bersama laboratorium dan rencana pendirian. 

Mempromosikan pengembangan proyek-proyek teknik nasional utama dan integrasi ekonomi dan sosial lokal, dan mendukung laboratorium untuk melakukan fase keempat proyek eksplorasi bulan. 

Tugas penelitian dan konstruksi proyek eksplorasi planet, memimpin demonstrasi dan implementasi proyek-proyek besar seperti Stasiun Penelitian Bulan Internasional, sistem pertahanan asteroid, meneliti dan membangun fasilitas penelitian ilmiah dasar skala besar di bidang eksplorasi ruang angkasa dalam yang diwakili oleh perangkat ilmiah besar, serta mengolah dan memulai stasiun penelitian ilmiah bulan, dll. 

Program ilmiah besar internasional dan proyek kerjasama internasional besar mendukung laboratorium untuk menarik kelas atas talenta dari dalam dan luar negeri untuk melakukan transformasi dan aplikasi industri pencapaian teknologi maju. (*)