Misi Luar Angkasa China-Eropa Berhasil Lakukan Uji Ekstensi Magnetometer

25 February 2022, 13:20 WIB

Misi Luar Angkasa China-Eropa Berhasil Lakukan
Uji Ekstensi Magnetometer-Image-1

Badan Antariksa Eropa Pusat Penelitian - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

Beijing, Bolong.id – Misi luar angkasa bersama Tiongkok-Eropa, Solar Wind Magnetosphere Ionosphere Link Explorer (SMILE) berhasil melakukan uji ekstensi magnetometer muatannya di Eropa, Science and Technology Daily melaporkan Rabu kemarin.

Dilansir dari 北京日报客户端 pada Rabu (23/02/22), pengujian menunjukkan bahwa fungsi dan kinerja subsistem magnetometer yang terintegrasi dengan modul muatan memenuhi persyaratan misi. Para peneliti dari Tiongkok dan Eropa telah mencapai kesepakatan tentang spesifikasi pengembangan, proses teknis, metode pengujian, dan standar evaluasi.

Magnetometer adalah satu set peralatan deteksi presisi tinggi medan magnet vektor ruang. Digunakan untuk mendeteksi vektor tiga dimensi dari medan magnet luar angkasa dan mendapatkan data deteksi tentang ukuran dan arah medan magnet angin matahari.

Magnetometer tiba di European Space Research and Technology Center (ESTEC) dari European Space Agency (ESA) bulan lalu untuk uji vakum termal, menurut Chinese Academy of Sciences (CAS).

Misi SMILE adalah kolaborasi komprehensif antara CAS dan European Space Agency (ESA). Magnetometer misi ini dikembangkan oleh State Key Laboratory of Space Weather di bawah CAS National Space Science Center.

Misi tersebut, kabarnya, mengharapkan untuk mengirim satelit ke luar angkasa sebelum akhir 2024. (*) 


Informasi Seputar Tiongkok