Shenzhou-13 Pulang ke Bumi, Satelit Zhongxing 6D Diluncurkan

18 April 2022, 10:24 WIB

Shenzhou-13 Pulang ke Bumi, Satelit Zhongxing 6D Diluncurkan-Image-1

Zhongxing 6D Satellite - Image from cctv.com

Beijing, Bolong.id - Tiongkok kini raja dunia bidang satelit. Baru saja Shenzhou-13 pulang ke bumi dari misi luar angkasa selama enam bulan, disusul satelit Zhongxing 6D sukses diluncurkan, Jumat (15/4/2022).

Dilansir dari 新华社 pada Sabtu (16/4/2022), Zhongxing 6D menggunakan roket pendorong Long March 3B. Diluncurkan di Pusat Peluncuran Satelit Xichang.

 Zhongxing 6D adalah satelit generasi baru dari satelit komunikasi orbit geosynchronous. 

Ini mengadopsi platform satelit Dongfanghong-4 yang dikembangkan di dalam negeri untuk menyediakan layanan komersial untuk transponder C-band dan Ku-band. 

Setelah pengujian di orbit akan dikirim ke China Satcom, anak perusahaan Aerospace Science and Technology Group Operasi dan manajemen Group Co., Ltd. 

Menyediakan layanan transmisi radio, televisi, dan komunikasi berkualitas tinggi untuk masyarakat umum dan semua lapisan masyarakat.

Sebagai infrastruktur ruang angkasa yang penting di negara ini, satelit Zhongxing 6D dapat mencakup seluruh wilayah Cina dan kawasan Asia-Pasifik.

Kinerja cakupan transponder C-band ditingkatkan secara signifikan, yang selanjutnya memperluas jangkauan tampilan pengguna dan meningkatkan tampilan kualitas. 

Setelah dioperasikan, ia akan melakukan tugas transmisi program radio dan televisi penting pusat dan lokal, yang dapat memenuhi kebutuhan 4K dan transmisi video definisi tinggi lainnya merupakan kekuatan jaminan inti untuk transmisi yang aman dari radio satelit dan program televisi di Tiongkok.

Pada saat yang sama, transponder Ku-band yang dikonfigurasi oleh satelit Zhongxing 6D dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan bisnis dari aplikasi yang muncul seperti peningkatan bandwidth tingkat konsumen, jaringan pribadi perusahaan, backhaul stasiun pangkalan, aplikasi kelautan, serta menyediakan pengguna dengan lebih baik. 

Menurut Zhang Yipu (张亦朴), kepala perancang roket seri 3A, presiden pertama Grup Sains dan Teknologi Aerospace, roket pembawa Long March 3B, yang berhasil menempatkan satelit China Star 6D ke orbit yang telah ditentukan, telah dioptimalkan secara teknis dalam tiga aspek yang telah meningkatkan efisiensi produksi dan keandalan roket. (*)