Ilmuwan China Bikin Mikroskop Medan Gelap

06 December 2021, 15:31 WIB

Ilmuwan China Bikin Mikroskop Medan Gelap-Image-1

Pengembangan jenis elemen optik baru - Image from google.com

Beijing, Bolong.id - Dilansir dari news.cctv.com pada (4/12/2021), tim peneliti Universitas Sains dan Teknologi Tiongkok pimpinan Profesor Zhang Douguo (张斗国) mengembangkan mikroskop tipe datar berdasarkan film optik. 

Filmnya mewujudkan pencitraan mikroskopis medan gelap dan pencitraan refleksi internal total pada mikroskop optik medan terang konvensional. Itu menghasilkan gambar kontras tinggi.

Menggunakan prinsip optik, mikroskop optik dapat memperbesar dan menggambarkan objek kecil yang tidak terlihat mata manusia. 

Mikroskop optik konvensional adalah mikroskop medan terang, yang menggunakan cahaya untuk menerangi dan menggambarkan setiap titik dalam sampel sesuai dengan penyerapan cahaya di latar belakang yang terang. 

Namun, untuk beberapa spesimen biologis yang tidak diwarnai atau spesimen transparan lainnya, kontrasnya buruk dan sulit diamati karena penyerapan cahayanya yang rendah.

Munculnya mikroskop medan gelap dan mikroskop refleksi internal total dapat memecahkan masalah ini, tetapi mereka membutuhkan komponen optik yang kompleks, yang berukuran besar, sulit untuk diintegrasikan, dan sulit untuk dioperasikan.

Baru-baru ini, kelompok penelitian Profesor Zhang Douguo  (张斗国) telah mengembangkan elemen pencitraan mikroskopis tipe datar berdasarkan film optik melalui desain yang cerdas. 

Elemen ini dapat secara bersamaan mencapai pencitraan mikroskopis medan gelap dan pencitraan refleksi internal total pada mikroskop medan terang konvensional. Dibandingkan dengan gambar mikroskop optik bidang terang, kontras pencitraannya telah sangat meningkat.

Pada saat yang sama, elemen ini memiliki struktur yang sederhana, integrasi yang mudah, biaya rendah, dan pengoperasian yang mudah. ​​Ini tidak hanya cocok untuk sampel pencitraan di udara, tetapi juga untuk pencitraan sel biologis hidup dalam lingkungan cair.

Hasil eksperimen menunjukkan bahwa tanpa mengubah struktur jalur optik utama dari mikroskop yang ada, dengan merancang dan membuat slide mikroskop yang sesuai, kontras pencitraan dapat ditingkatkan secara efektif dan fungsi pencitraan dapat diperluas.

Beberapa hari yang lalu, jurnal akademik otoritatif internasional "Nature Communication" menerbitkan hasil penelitian ini. (*)