Baca dalam 4 menit

Xiao Zhan Tuntut Anti-fans karena Pencemaran Nama Baik dan Memenangkan Gugatan

Waktu Publish : 18 Jun 2021, 12:17 WIB
Sumber : Sixth Tone
SHARE ARTIKEL

Xiao Zhan - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami


Bolong.id - Pengadilan di Beijing telah mendakwa seorang pria untuk membayar ganti rugi 200.000 yuan (USD 31.100) setelah aktor dan penyanyi Xiao Zhan mengajukan gugatan atas pencemaran nama baik terhadap haters-nya.

Dalam putusan yang diterbitkan Selasa (15/6/2021), Pengadilan Internet Beijing mengatakan pria bermarga Song tersebut telah merusak reputasi Xiao Zhan dengan memposting dan membagikan komentar yang memfitnah di Weibo. Song juga telah diminta untuk meminta maaf kepada Xiao, meskipun pengadilan tidak mengungkapkan postingan fitnah yang dia tulis atau bagikan di media sosial.

Dilansir dari Sixth Tone pada Kamis (17/6/2021), Xiao Zhan naik menjadi salah satu selebritas Tiongkok yang paling dikagumi, menyusul kesuksesan serial televisi Tiongkok "The Untamed" yang dibintanginya pada tahun 2019. Saat ini ia berada di peringkat keempat dalam daftar selebriti paling populer di Tiongkok daratan dan bahkan telah mendapat tempat di buku pelajaran sekolah bersama bintang lainnya.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, aktor dan fandomnya yang berkembang telah memicu kontroversi karena menargetkan kelompok yang mempertanyakan ketenarannya. Tahun lalu, aktor tersebut melaporkan situs fiksi penggemar kepada pihak berwenang setelah para penggemarnya memprotes penggambaran aktor kesayangan mereka sebagai seorang wanita trans yang jatuh cinta dengan seorang siswa sekolah menengah pria.

Situs web fiksi penggemar online, Archive of Our Own (AO3) akhirnya diblokir di Tiongkok, sehingga banyak anti-fansnya memboikot karya-karya Xiao Zhan.

Penggemar Xiao memuji putusan pengadilan, memberikan dukungan kepada idola tercinta mereka. Di Weibo, dan banyak yang membela keputusan aktor tersebut untuk menuntut anti-fan yang melakukan pencemaran nama baik.

“Bahkan sebagai seorang selebriti, sulit baginya untuk memperjuangkan haknya. Saya tidak bisa membayangkan betapa sulitnya bagi orang normal untuk menghadapi hal itu," tulis seorang pengguna Weibo.

Sementara itu menurut laporan media domestik, Song dilaporkan bingung dengan gugatan tersebut, meskipun dia tidak menyesali tindakannya.

“Kenapa saya yang dituntut? Mungkin itu karena saya menghinanya habis-habisan. Saya merasa beruntung menjadi yang terpilih,” tulis Song di Weibo, yang sekarang postingannya sudah dihapus.

Dengan jutaan orang mengikuti budaya selebritas, kelompok pendukung dan anti-fan idola sering kali berubah menjadi medan pertempuran online, dan para selebriti juga tidak menahan diri untuk mengambil tindakan hukum. Pada tahun 2019, bintang top Yang Mi dan Wang Yuan dari boy band TFBoys juga mengajukan tuntutan hukum terhadap pengguna online karena memposting informasi palsu tentang sumbangan amal mereka. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong