Baca dalam 3 menit

SEJARAH: 2008 Bank Rakyat China Keluarkan Uang Kertas Peringatan Olimpiade Ke-29

Waktu Publish : 08 Jul 2021, 08:57 WIB
SHARE ARTIKEL

Uang Kertas Peringatan Olimpiade Ke-29 - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

Beijing, Bolong.id – Hari ini 13 tahun yang lalu, pada tanggal 8 Juli 2008, Bank Rakyat Tiongkok secara terbuka mengeluarkan uang kertas peringatan untuk Olimpiade ke-29.

Menurut laporan, denominasi uang kertas peringatan adalah 10 yuan, warna utama biru-hijau, dan ukuran uang kertas adalah panjang 148,5 mm dan lebar 72,0 mm. Adegan utama di bagian depan uang kertas peringatan adalah Stadion Nasional, tempat utama Olimpiade Beijing 2008. Di atasnya adalah lambang Olimpiade ke-29 dan latar belakangnya adalah Kuil Surga. Sudut kiri atas permukaan tiket adalah nomor denominasi bercahaya "10", dan bagian bawah adalah pola tanda air Stadion Nasional, sudut kiri bawah muka tiket adalah tanda denominasi Braille, tanda berongga pemosisian holografik, dan nomor berbentuk khusus kabel dua warna yaitu sisi kanan adalah orang-orang Tionghoa dari atas ke bawah.

Adegan utama di belakang adalah patung Yunani kuno "Pelempar Cakram", gambar atlet dan kata-kata "2008". Di bawah pola gambar utama adalah nomor tahun "2008" dan cap presiden. Di sisi kiri tiket adalah "Peringatan Olimpiade ke-29", nomor denominasi "10", pinyin Mandarin "YUAN" dan garis keamanan jendela holografik variabel optic yaitu kanan atas tiket adalah nama baris Pinyin Mandarin "Bank Rakyat Tiongkok" dan Mongolia, Kata-kata dan denominasi "Bank Rakyat Tiongkok" dalam bahasa nasional Tibet, Uygur, dan Zhuang.

Uang kertas peringatan mencakup banyak fitur anti-pemalsuan yaitu dengan adanya nomor denominasi bercahaya di sisi kiri atas wajah depan, ada tanda air di area kosong di sisi kiri muka depan, dan tanda berongga pemosisian holografik di sisi kiri bawah muka depan.

Selain itu, uang kertas peringatan juga memiliki fitur anti-pemalsuan seperti nomor berbentuk khusus kawat ganda, pola pearlescent, benang pengaman jendela holografik variabel cahaya, dan mikrograf cetak offset.

Jumlah uang kertas peringatan yang diterbitkan adalah 6 juta. Uang kertas peringatan memiliki fungsi yang sama dengan renminbi saat ini yang beredar, dan beredar dengan nilai yang sama dengan renminbi dari pecahan yang sama. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

Bye-bye Tiktokers Cilik, China Larang Livestreamer di bawah ...

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

technology

Robot Multitasking Asal China, Bisa Buat Kopi Hingga Bersih-...

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

culture

POTRET : Situs Makam Ming Xiaoling Peninggalan Dinasti Ming

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

news

Hindari Bingung Acar China, Kimchi Korea Berganti Nama Begin...

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

news

Karya Sastra China versi Online Digemari Warga Dunia

  • Djono W. Oesman
  • 24 Jul 2021

news

Bank Indonesia Resmi Kerja Sama Dagang Pakai Rupiah dan Yuan

  • Lupita
  • 24 Jul 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong