Film Mulan Banyak Dibicarakan, Tapi Apa Kalian Benar-Benar Mengenal Hua Mulan?

logo clock 8 Menit logo clock 13-09-2020, 15:00

Mulan Live Action 2020 - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Jakarta, Bolong.id - Versi live action Mulan adalah film aksi Hollywood yang mengadaptasi dari film kartun Mulan pada tahun 1998 yang terinspirasi dari puisi kuno Tiongkok berjudul Mulan. "Puisi Mulan" adalah puisi rakyat berbentuk naratif panjang berasal dari Tiongkok utara di saat masa Dinasti-Dinasti Selatan-Utara (420 - 589 M) dan juga merupakan puisi Yuefu (乐府诗) atau puisi Tiongkok kuno yang disusun dalam gaya lagu rakyat. Banyak orang biasa menyebutnya “Mulan Ci (木兰辞)” atau lagu Mulan karena itu merupakan lagu rakyat di daerah tersebut, dilansir dari cqcb.com, Minggu (13/9/2020).

Dari mana asal Mulan?

Tang Changru (唐长孺), Direktur Departemen Sejarah Universitas Wuhan dan Direktur Kantor Penelitian Dokumen Kuno dari Administrasi Warisan Budaya Nasional Tiongkok, telah melakukan penelitian tekstual sejak tahun 1986 dan menerbitkan "Koreksi Puisi Mulan" yang membahas Puisi Mulan "Ditulis dalam waktu: dari Dinasti Wei Utara hingga Dinasti Tang.”

Puisi Mulan adalah lagu daerah dari Dinasti Wei Utara (386 - 534 M). Artinya, ini pertama kali hadir pada Dinasti Wei Utara dan menyebar untuk waktu yang lama. Akan tetapi, puisi Mulan yang kita baca di buku teks sekarang sebenarnya adalah versi yang diturunkan secara lisan dan dipoles serta diselesaikan oleh para sarjana Dinasti Sui (581 - 618 M) dan Dinasti Tang (618 - 907 M). Poin utamanya di sini adalah puisi Mulan yang kita lihat sebenarnya adalah karya dari masa Dinasti Tang.

Sementara itu, Yu Gengzhe (于赓哲), sejarawan Dinasti Sui dan Tang dan profesor dari Universitas Normal Shaanxi, percaya bahwa ada banyak karakteristik zaman yang berbeda dan bercampur dalam puisi ini. Misalnya, kata "Khan Da Dian Bing (可汗大点兵; Khan adalah seorang Prajurit Hebat)" dan "Khan (可汗)" dapat dipahami sebagai nama panggilan orang-orang suku Xianbei kepada kaisar, tetapi Kaisar Taizong (唐太宗) dari Dinasti Tang juga memiliki gelar "Tian Khan (天可汗)" dan "Da Dian Bing (大点兵)". Suku Xianbei adalah suku nomaden kuno yang menempati daerah yang sekarang dikenal dengan Mongolia, Mongolia Dalam, dan Tiongkok timur laut.

Jadi, dari mana asal Mulan?

Ruang lingkup Dinasti Utara sendiri sangat besar, ada Dinasti Wei Utara, Wei Barat, Wei Timur, Qi Utara, Zhou Utara, dan Dinasti Sui. Dalam kartun tahun 1998, Hua Mulan dan Jenderal Li, akhirnya menikah, tetapi setting waktu yang ditetapkan adalah Dinasti Han (206 SM – 220 M) yang memiliki rentang waktu yang cukup jauh dari munculnya puisi Mulan itu sendiri. Pada tahun yang sama, drama TV Anita Yuen (袁咏仪) Hua Mulan tayang. Tapi di sini, Hua Mulan versi Anita Yuen (袁咏仪) berasal dari Dinasti Sui. Sementara Hua Mulan yang diperankan Zhao Wei (赵薇) pada film tahun 2009 berasal dari Dinasti Wei Utara.

Hua Mulan pada Film 2009 yang Diperankan Zhao Wei - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Dalam puisi Mulan, terdapat bait yang berbunyi, "membeli kuda di timur, pelana kuda di barat, tali kekang di selatan, dan cambuk di utara (东市买骏马,西市买鞍鞯,南市买辔头,北市买长鞭)". Mulan membeli perlengkapan kuda dan perang di mana-mana, serta pakaian dan baju besi untuk bersiap di medan perang. Semuanya dibeli dengan biaya sendiri yang memiliki karakteristik "pakaian dan kuda yang disediakan sendiri" oleh tentara pemerintah setelah Dinasti Wei Barat (535 - 556 M) dan Zhou Utara (557 - 581 M). Namun, tentara suku Xianbei pada Dinasti Wei Utara juga memiliki ciri khas ini, sehingga tidak mudah untuk mengatakan apakah itu Dinasti Wei Utara atau Dinasti Wei Barat, apakah itu milik tentara suku atau tentara pemerintah.

Menurut Yu Gengzhe (于赓哲), anggota keluarga Mulan berasal dari tentara suku atau sistem tentara pemerintah Xianbei. Jika dia adalah tentara suku Xianbei, dia adalah orang Xianbei. Namun setelah melewati berbagai generasi, puisi ini pun diselesaikan pada Dinasti Tang, sehingga memungkinkan puisi tersebut dicampur ke dalam sistem militer Dinasti Zhou Utara dan Dinasti Tang.

Oleh karena itu, pertanyaan dari mana asal Mulan sangatlah rumit. Orang Xianbei adalah orang yang paling mungkin. Tentu saja, orang suku Han yang saat itu menempati sebagian besar wilayah Tiongkok tidak bisa dikecualikan.

Lalu, di mana Mulan tinggal?

Sulit untuk menilai di mana Mulan tinggal. Dari puisi Mulan, rumahnya seharusnya tidak jauh dari Sungai Kuning.

Apa nama keluarga Mulan adalah Hua?

Marga Mulan sebenarnya jelas bukanlah Hua (花). Hal itu tidak disebutkan dalam puisi Mulan. Nama keluarga Hua diciptakan oleh Xu Wei (徐渭), seorang pengarang berbakat Dinasti Ming (1368 - 1644 M) yang gagal dalam delapan ujian dan gagal bunuh diri sebanyak sembilan kali.

Xu Wei (徐渭) mengadaptasi puisi Mulan menjadi drama wanita Mulan yang menggantikan ayahnya di militer. Dalam tulisan Xu Wei (徐渭), Mulan akhirnya memiliki nama belakang: Hua. Nama ayahnya adalah Hua Hu (花弧), nama kakak perempuannya adalah Hua Mulian (花木莲), nama adik laki-lakinya adalah Hua Xiong (花雄), dan nama ibunya adalah Hua Yuanshi (花袁氏). 

Di lain sisi, beberapa orang juga mengira bahwa Mulan adalah sebuah nama keluarga dari suku Xianbei.

Singkatnya, "Hua Mulan" baru muncul saat Dinasti Ming dan nama Xu Wei (徐渭) terlalu populer sehingga Mulan pun pada akhirnya dikenal memiliki nama keluarga Hua. Ayah Mulan dalam versi animasi "Hua Mulan" pada tahun 1998 juga bernama Hua Hu, seharusnya juga berasal dari kisah yang ditulis Xu.

Hua Mulan 1998 - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Bagaimanapun, ini adalah karya sastra fiksi. Selain puisi yang ada sekarang, hampir tidak ada data sejarah tentang Mulan. Bisa dikatakan, "Mulan" adalah puisi dengan penulis kolektif yang telah difinalisasi oleh beberapa generasi. Oleh karena itu, puisi tersebut memiliki banyak karakteristik zaman yang berbeda. Namun, itu mencerminkan bahwa ada wanita di ketentaraan selama Dinasti Wei Utara. Kisah Mulan juga mencerminkan keadaan wanita yang memiliki semangat tinggi pada saat itu. Saat ini, kisah Mulan masih terus menjadi inspirasi banyak wanita.

Penulis : Aisyah Hidayatullah
Editor : Nurul Diah

Terkait

Penghijauan Buahkan Hasil Pengentasan Kemiskinan di Shanxi, China Utara

 

logo clock 24-10-2020, 07:20
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

China Serukan Promosi Keterbukaan Pendidikan

 

logo clock 23-10-2020, 16:29
logo clock Baca ini dalam 1 Menit
logo share

Film Dokumenter Perang Korea Tayang di CCTV sampai Jumat

 

logo clock 22-10-2020, 15:10
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Keren... Blazer Merk China Ini Sedang Tren

 

logo clock 22-10-2020, 14:50
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Diterbitkan, Buku tentang Guru dan Mahasiswa Shanghai Terjebak Lockdown di Kampus

 

logo clock 22-10-2020, 14:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral