Baca dalam 3 menit

Arti Hewan Kerbau bagi Orang Asia Timur

Waktu Publish : 22 Feb 2021, 10:29 WIB
Sumber : CGTN
SHARE ARTIKEL

Arti hewan kerbau - Image from Berbagai sumber


Beijing, Bolong.id – Mengawali Tahun Kerbau, lembaga budaya di seluruh Tiongkok meluncurkan berbagai pameran online dan offline bertema kerbau.

Dilansir dari CGTN pada Minggu (21/02/21), Sapi adalah salah satu hewan yang paling dekat hubungannya dengan manusia. Sejak sekitar 10.000 tahun yang lalu, kerbau, anjing, kuda, dan hewan lainnya secara bertahap dijinakkan. Mereka telah menemani manusia mulai dari mengumpulkan makanan, memancing dan berburu hingga bertani dan beternak.

Di Tiongkok, kerbau peliharaan diangkut dari Asia Barat dan Asia Selatan sekitar 4.500 tahun yang lalu, yang kemudian diintegrasikan ke dalam banyak aspek kehidupan masyarakat Tiongkok mulai dari produksi dan kepercayaan hingga penciptaan seni. Jadi citranya juga muncul di banyak peninggalan budaya sepanjang sejarah, dari lukisan dan patung hingga karya sastra.

Tiga pameran yang sedang berlangsung yang diadakan di Beijing dan Shanghai menampilkan keragaman makna budaya yang berbeda yang dimiliki kerbau dalam budaya tradisional Tiongkok.

"Five Oxen", lukisan kertas paling awal di China - Image from news.cgtn.com

The Palace Museum: Lukisan 'Five Oxen' online

Museum Istana telah memilih 125 peninggalan budaya yang berkaitan dengan kerbau dari lebih dari 68.000 koleksi perpustakaan digital yang dipajang secara online, termasuk harta nasional "Five Oxen" dan lukisan lainnya, artefak tembikar, giok, serta perunggu.

"Five Oxen", lukisan kertas paling awal di Tiongkok, memiliki nilai seni dan sejarah yang tinggi. Seniman Han Huang (723-787) memerankan lima ekor kerbau dengan penampilan yang berbeda dan jelas, menunjukkan keahlian melukisnya yang luar biasa.

Han, seorang perdana menteri, pejabat eksekutif berpangkat tertinggi di istana kekaisaran selama Dinasti Tang (618-907), menaruh banyak perhatian pada pembangunan pertanian. Dan lukisan ini dipercaya sebagai cara untuk mendorong pertanian. Ini juga menunjukkan bagaimana Tiongkok, negara agraris yang "dihormati waktu", menempatkan pertanian sebagai fondasi masyarakat.

Sapi tembikar di Museum Nasional China di Beijing - Image from news.cgtn.com

Museum Nasional: Hubungan antara manusia dan kerbau

Pameran bertema kerbau yang diadakan oleh National Museum of China baik online maupun offline menyoroti hubungan antara orang Tionghoa dan sejarah kerbau.

Ada berbagai jenis kerbau di Tiongkok, seperti sapi kuning, kebanyakan terlihat di utara; kerbau, lokal di selatan; dan yak, asli dari Dataran Tinggi Qinghai-Tibet di Tiongkok bagian barat. Selama dinasti Shang (1600-1100 SM) dan Zhou (1100-221 SM), kerbau bertanduk pendek (sekarang punah) dan sapi kuning terkait erat dengan aktivitas kepercayaan atau pengorbanan, sehingga gambar kerbau itu biasa digunakan sebagai bentuk atau pola dagangan perunggu.

Sejak Dinasti Han (202 SM-220 M), orang-orang membuat barang untuk digunakan di kuburan seperti tembikar berbentuk hewan ternak dan unggas, dengan harapan almarhum menggunakannya di alam sana. Banyak artikel yang menunjukkan bagaimana peternakan berkembang pesat di Tiongkok kuno.

Kerbau perunggu di Museum Shanghai - Image from news.cgtn.com

Museum Shanghai: Pameran bersama Tiongkok dan Korea Selatan

Museum Shanghai untuk pertama kalinya bermitra dengan Museum Nasional Korea untuk mengadakan pameran pertukaran khusus yang berfokus pada budaya kerbau.

Sebanyak delapan buah (set) artefak dipamerkan di Shanghai, dengan enam artefak domestik satu celadon dan satu barang besi - dari Korea Selatan. Museum Shanghai juga memamerkan dua buah koleksinya di Korea Selatan secara bersamaan.

Baik di Tiongkok maupun Korea Selatan, lembu kerbau telah digunakan untuk berbagai fungsi seperti peternakan, makanan, pertanian dan transportasi, dan citranya juga memiliki konotasi yang kaya seperti ketekunan, tugas, dan kekuatan. Pameran tersebut adalah pameran tentang arti kerbau bagi orang-orang Asia Timur. (*)


Megawati Putri/Penerjemah

Terkait

news

Penjelajah Zhurong Mulai Melintasi Medan Kompleks di Mars

  • Visco Joostensz
  • 30 Jul 2021

news

China Temukan 24 Orang Terinfeksi Corona pada 13 Juli 2021

  • Djono W. Oesman
  • 30 Jul 2021

business

Industri Game China Alami Peningkatan Lebih Dari 330 Triliun...

  • Esy Gracia
  • 30 Jul 2021

lifestyle

Pecah Rekor, Tim Renang Estafet Putri China Menang Medali Em...

  • Visco Joostensz
  • 29 Jul 2021

china

Wabah COVID-19 di Nanjing Dikaitkan dengan Varian Delta

  • Visco Joostensz
  • 29 Jul 2021

china

Kalahkan Prancis, Tim Basket 3 on 3 Putri China Raih Perungg...

  • Visco Joostensz
  • 29 Jul 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
18
9
11
0
1
2