Baca dalam 3 menit

Kelompok HAM Boikot Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Waktu Publish : 14 Feb 2021, 08:33 WIB
SHARE ARTIKEL

Olimpiade musim dingin Beijing 2022 - Image from Dari berbagai sumber

Beijing, bolong.id - Seruan boikot secara diplomatik untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 di protes oleh lebih dari 18 kelompok hak asasi manusia (HAM) di dunia.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Sabtu (13/2/2021) hal ini dilakukan lantaran mereka menilai adanya pelanggaran oleh Tiongkok terhadap ras dan etnis minoritas.

Koalisi Tibet minggu lalu menyerukan kepada pemerintah-pemerintah di dunia agar memboikot Olimpiade 2022 "untuk memastikan (olimpiade) tidak digunakan untuk membuat China semakin berani melakukan pelanggaran HAM dan tindakan keras yang mengerikan oleh pemerintah Tiongkok terhadap perbedaan pendapat."

Apa yang disebut sebagai boikot diplomatik itu akan melibatkan penarikan duta besar negara bersangkutan selama Olimpiade 2022 dan menangguhkan fungsi konsuler mulai 4-20 Februari.

Penyelenggara yakin aksi itu akan mengirim pesan ke Beijing.

Seruan mereka disampaikan beberapa hari sebelum Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menekan diplomat senior China Yang Jiechi untuk pertanggungjawabannya atas pelanggaran hak asasi manusia, khususnya di Xinjiang, Tibet dan Hong Kong.

Menurut situs web Canada Global News, belasan anggota parlemen Kanada menandatangani surat terbuka yang menyerukan agar Olimpiade dipindahkan ke luar Tiongkok.

Dugaan Pelanggaran HAM

Media yang dikendalikan pemerintah Tiongkok, Global Times, menanggapi dengan sebuah tajuk rencana yang memperingatkan agar negara-negara tidak memboikot perhelatan olah raga itu dengan mengatakan, “Tiongkok pasti akan membalas dengan keras.”

Sophie Richardson, direktur Human Rights Watch untuk Tiongkok, mengatakan pesan itu sangat berbeda dari slogan "Beijing Menyambut Anda" ketika negara itu menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2008.

"Jika pemerintah Tiongkok menghabiskan banyak energi untuk mengakhiri pelanggaran HAM seperti halnya untuk propaganda yang tidak bersahabat, mungkin diskusi tentang boikot akan memudar," katanya kepada VOA melalui email.

Saat ini, pendirian resmi Komite Olimpiade Internasional adalah OIC hanyalah badan olahraga yang tidak terlibat dengan politik. (*)


Terkait

news

Taman Olimpiade Beijing Megah akan Selesai Dibangun Oktober

  • Lupita
  • 10 Apr 2021

news

Simak Komitmen China Dalam Mengadakan Olimpiade Musim Dingin...

  • Matsnaa
  • 20 Jan 2021

news

Sejarah Hari Ini, Beijing Mengajukan Tawaran untuk Adakan Ol...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 04 Dec 2020

news

Olimpiade Beijing 2022, Briefing Online Terkait Persiapan Ga...

  • Maureen
  • 21 Oct 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong