Baca dalam 4 menit

China Rilis Peringkat PDB per Kapita Kota-kota Daratan

Waktu Publish : 07 Jun 2021, 15:44 WIB
SHARE ARTIKEL

Daftar PDB kota China - Image from Tencent News

Bolong.id - Saat ini ada 23 kota di negara dengan PDB melebihi satu triliun yuan, 17 di selatan dan 6 di utara. Sebelas adalah ibu kota provinsi, terhitung hampir setengahnya. Di antara 10 triliun kota terbawah dalam hal PDB per kapita pada tahun 2020, ibu kota provinsi menempati 6 kursi. Dan jika dibandingkan dengan peringkat tahun 2019, selain Nanjing, Hangzhou, Fuzhou dan Jinan, peringkat tujuh ibu kota provinsi termasuk Guangzhou, Wuhan, Changsha, Hefei, Zhengzhou, Chengdu, dan Xi'an semuanya menurun.

Dilansir Tencent News pada (06.06/2021). Dari peringkat ini juga terlihat bahwa Shenzhen turun dari takhta teratas dari satu triliun kota dengan PDB per kapita pada tahun 2020, turun ke peringkat kelima. Jadi siapa yang menggantikan Shenzhen?.

Berdasarkan statistik sensus nasional ketujuh, tiga kota Jiangsu yaitu Wuxi, Nanjing dan Suzhou melampaui Shenzhen pada saat yang sama, menjadi pemenang terbesar.

Menurut perhitungan buletin statistik, PDB per kapita Shenzhen pada tahun 2019 telah melampaui 200.000 yuan, menjadi satu-satunya kota satu triliun yang telah mencapai ambang batas ini. Menurut data pada tahun 2020, Shenzhen tidak hanya mengembalikan level 150.000 yuan, tetapi juga tidak sebagus Wuxi, Beijing, Nanjing, Suzhou.

Selain itu, ada enam kota baru dengan PDB triliun dolar tahun ini, kecuali Xi'an, lima lainnya adalah Quanzhou, Jinan, Hefei, Fuzhou, dan Nantong. Triliun PDB, seperti populasi puluhan juta, adalah tanda kota metropolitan. Volume ekonomi seperti itu setara dengan nilai output tahunan suatu negara di Ukraina.

Tidak sulit untuk melihat bahwa di antara enam kota yang baru dipromosikan, Xi'an menempati urutan pertama dalam PDB tahunan dan tingkat pertumbuhan, dan Xi'an adalah satu-satunya kota pusat nasional, yang telah diberikan fitur komprehensif seperti aglomerasi, radiasi, dan penggerak pembangunan ekonomi daerah serta fungsi pelayanan.

Pada tahun 2020, selain Chongqing, Beijing dan Shanghai, tiga kota dengan populasi lebih dari 20 juta, Chengdu adalah kota metropolitan keempat dengan populasi lebih dari 20 juta di negara saya, dengan populasi sekitar 20,94 juta, terhitung 25 % dari provinsi. Chengdu dapat dikatakan sebagai kota baru, dari tahun 2010 hingga 2020, populasinya telah meningkat hampir 70 juta jiwa. Kali ini, populasi Chengdu melebihi 20 juta untuk pertama kalinya, dan populasi terkait erat dengan PDB, karena industri pariwisata Chengdu juga merupakan sumber pendapatan utama yang tidak dapat diabaikan. Mengenai Chengdu, banyak orang memiliki pendapat berbeda tentangnya. Namun, perkembangan Chengdu dalam beberapa tahun terakhir telah mencerminkan potensi pengembangannya dalam banyak hal. Kali ini, ia telah menjadi kota kuda hitam dengan populasi lebih dari 20 juta, yang bahkan lebih dikonfirmasi. .

Di atas adalah situasi keseluruhan pada tahun 2020, tetapi bagaimana dengan situasi pada tahun 2021? Meski tahun 2021 belum melewati paruh tahun, data ekonomi kuartal I juga sudah dirilis. Menurut statistik yang relevan, tingkat pertumbuhan PDB negara saya pada kuartal pertama mencapai 18,3%, rekor tertinggi sejak penilaian triwulanan pertumbuhan PDB dimulai 30 tahun yang lalu, dan awal yang baik untuk pembangunan ekonomi pada tahun 2021.(*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

business

Top 10 Kota Teratas di China Versi PDB Q1-Q3

  • Visco Joostensz
  • 28 Nov 2021

business

Laporan Triwulan Ekonomi 30 Provinsi China: Kualitas Meningk...

  • Visco Joostensz
  • 28 Oct 2021

business

Wuhan Catatkan Pertumbuhan GDP pada H1 2021

  • Visco Joostensz
  • 23 Jul 2021

business

Rapor Ekonomi Tiongkok di Paruh Pertama Menunjukkan Pertumbu...

  • Esy Gracia
  • 22 Jul 2021

news

China Gantikan Amerika Serikat Sebagai Tujuan Investasi Terb...

  • Lupita
  • 05 May 2021

business

Megapolitan Hangzhou Manfaatkan Urbanisasi

  • Djono W. Oesman
  • 01 May 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong