Baca dalam 3 menit

Rute Internasional Chengdu-Frankfurt Air China Kembali Dibuka

SHARE ARTIKEL

Air China - Image from CGTN

Tiongkok, Bolong.id - Penerbangan langsung Chengdu ke Frankfurt, Jerman dibuka kembali pada Kamis (13/8/2020). Ini adalah penerbangan langsung pertama dari kota-kota di Tiongkok tengah dan barat ke Eropa sejak kebijakan "Five One" dikeluarkan oleh Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok (中国民用航空局) karena wabah COVID-19.

Kebijakan "Five One" adalah kebijakan yang mengizinkan satu maskapai terbang ke suatu negara, dari satu kota di Tiongkok ke satu kota lain di sebuah negara, dengan tidak lebih dari satu penerbangan dalam seminggu

Dilansir CGTN, setiap Kamis, pesawat jarak jauh Airbus A330-200 yang dioperasikan oleh Air China dengan kapasitas 227 penumpang akan berangkat dari Bandara Internasional Shuangliu Chengdu pada pukul 12:35 BST. 

Pesawat akan tiba di Bandara Frankfurt pukul 17:20 waktu setempat di hari yang sama. Penerbangan kemudian akan meninggalkan Bandara Frankfurt pukul 20.00 waktu setempat, dan tiba di Bandara Internasional Shuangliu Chengdu pukul 11:50 waktu Beijing keesokan harinya.

Awak menggunakan bendera nasional Tiongkok untuk menghiasi kabin pada penerbangan pertama, dengan 182 penumpang di dalamnya ketika kembali ke Tiongkok.

Air China telah memainkan peran penting dalam mendukung inisiatif OBOR, dan dimulainya kembali penerbangan Chengdu-Frankfurt telah menghidupkan kembali hubungan perdagangan dan ekonomi Tiongkok barat dengan Eropa.

Sebelumnya, maskapai Lufthansa telah melanjutkan penerbangan Frankfurt-Shanghai, serta rute Frankfurt-Nanjing. Jumlah penerbangan mingguan antara Frankfurt dan Shanghai telah ditambah menjadi dua penerbangan sejak 27 Juli 2020.

Sementara itu, pasar penerbangan sipil Tiongkok mulai pulih, pada Juli 2020, total jam penerbangan telah meningkat lebih dari 13 persen kuartal-ke-kuartal. Jumlahnya mungkin meningkat lebih lanjut selama liburan musim panas. Jumlah penerbangan internasional juga meningkat. 

Menurut Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok (中国民用航空局), sekarang Tiongkok memiliki penerbangan langsung reguler ke 50 negara.

"Per 12 Agustus 2020, total 93 maskapai penerbangan, termasuk 19 maskapai penerbangan domestik, 74 maskapai asing, mengoperasikan 187 rute internasional reguler yang menghubungkan Tiongkok dengan seluruh dunia.” 

“Setiap minggu, 210 penerbangan internasional reguler menghubungkan Tiongkok dengan 50 negara. Dua puluh negara lebih banyak daripada selama wabah virus," kata Wu Shijie, Wakil Direktur Kantor Keamanan Penerbangan dari Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok (中国民用航空局).

Menurut bandara Hong Kong, penumpang yang berangkat dari bandara daratan Tiongkok mulai 15 Agustus 2020 hingga 15 Oktober 2020 akan dapat transit melalui Bandara Internasional Hong Kong ke tujuan lain. Namun, layanan transit ke tujuan daratan Tiongkok masih ditangguhkan. (*)


Terkait

teknologi

51 Penerbangan Sipil Jemput 7.000 Petugas Medis yang Membant...

  • Bolong team
  • 01 Apr 2020

bisnis

Corona Membuat Industri Penerbangan Menderita Parah!

  • Bolong team
  • 01 Apr 2020

berita

Kebijakan Penerbangan Satu Maskapai Untuk Satu Negara di Tio...

  • Bolong team
  • 01 Apr 2020

national

NEW NORMAL! Ini Strategi Garuda Indonesia Agar Tetap Survive...

  • Bolong team
  • 04 Jun 2020

international

Tersiar Kabar Jika Trump Percepat Larangan bagi Maskapai Tio...

  • Bolong team
  • 05 Jun 2020

international

Ini Dia Penyesuaian Rencana Penerbangan Internasional Tiongk...

  • Bolong team
  • 06 Jun 2020
Logo follow bolong