Baca dalam 2 menit

Kisah Zhao Shibin, Penarik Perahu Tali Selama 19 tahun

Waktu Publish : 07 Jun 2021, 16:04 WIB
SHARE ARTIKEL

Zhao Shibin membantu siswa yang inginmenyeberang - Image from Xinhua/Cao Yiming

Bolong.id - Zhao Shibin, seorang penduduk desa Huangdong berusia 61 tahun, Kotapraja Huangdong Yao, Distrik Babu, Kota Hezhou, Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, telah menggunakan kedua tangannya menarik perahu untuk mengangkut penduduk desa melintasi sungai Huangdong selama bertahun-tahun. Ia telah dipuji sebagai jembatan satu orang oleh masyarakat sekitar.

Sungai Huangdong terletak melewati pegunungan. Tepi barat adalah lokasi pemerintahan kotapraja, pasar petani, dan pusat kesehatan.

Zhao Shibin - Image from Xinhua/Cao Yiming

Dilansir dari People's Daily pada Senin (7/6/2021), pada awal 1990-an, untuk memudahkan orang-orang di Kotapraja Yao menyeberangi sungai, kapalferi lokal Huangdong didirikan dan dilengkapi dengan perahu besi genggam.

Zhao Shibin membnatu penduduk desa yang menyeberang - Image from Xinhua/Cao Yiming

Dibutuhkan kekuatan dan keterampilan untuk dapat menarik perahu besi tersebut dengan tangan. Untuk memudahkan semua orang menyeberangi sungai, Zhao Shibin berinisiatif menjadi tukang perahu pada tahun 2002, dan telah berlangsung selama 19 tahun. Apabila seorang penduduk desa perlu menyeberangi sungai, tidak peduli apakah ada angin atau hujan, Zhao Shibin akan segera bangun dan menarik perahu menyeberangi sungai.

Selama periode Rencana Lima Tahun Ke-13, departemen transportasi setempat mengumpulkan dana untuk membuka jalan di tepi timur Sungai Huangdong dan membangun lebih dari 10 kilometer jalan. Masalah kesulitan perjalanan masyarakat setempat secara bertahap sedang diselesaikan.(*)


Informasi Seputar Tiongkok



Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong