Baca dalam 3 menit

Akankah Pekerja Konstruksi Tergantikan Oleh Robot?

Waktu Publish : 16 Jul 2021, 14:49 WIB
SHARE ARTIKEL

Robot pelayan restoran - Image from Jaringan Keuangan Jufu

Bolong.id - Di era teknologi dan teknologi yang maju saat ini, teknologi kecerdasan buatan berkembang pesat, yang juga membawa perubahan yang luar biasa bagi masyarakat kita. Ini seperti teknologi driverless. Siapa yang bisa membayangkan bahwa robot benar-benar dapat mengemudi di jalan raya? Bahkan ada kabar bahwa keselamatan teknologi driverless tersebut lebih stabil dan lebih baik daripada mengemudi manusia. Omong-omong, banyak pabrik sekarang mulai menggantikan manusia dengan robot. Melihat perkembangan kecerdasan buatan yang terus berkembang ke berbagai lapangan kerja lainnya, tren tenaga manusia digantikan oleh robot tampaknya menjadi tren yang tak terhindarkan.

Era Robot

Saat ini, semua orang lebih khawatir tentang fakta bahwa ketika robot sepenuhnya menggantikan tenaga kerja, apakah ini akan menyebabkan banyak orang diberhentikan? Saat ini memiliki kekhawatiran seperti itu adalah hal yang normal, tetapi sebenarnya, robot sepenuhnya menggantikan tenaga kerja masih menjadi hal yang belum akan terjadi.

Suasana pabrik yang menggunakan robot - Image from Jaringan Keuangan Jufu

Dilansir dari Jaringan Keuangan Jufu pada Rabu (14/7/2021) Penggunaan robot sebagai pengganti tenaga kerja diperhitungkan karena melihat efisiensi produksi robot lebih tinggi daripada tenaga kerja, dan robot juga dapat dengan cepat mencapai laba atas investasi. Pada saat yang sama, otomatisasi adalah proses yang tidak dapat dihindari, sekarang banyak pabrik mulai melakukan reformasi otomatisasi untuk mengikuti perubahan di pasar.

Namun demikian, robot sekarang muncul di banyak bidang, seperti teknologi mengemudi tanpa awak yang disebutkan di atas, tetapi jujur saja, teknologi ini masih belum matang, dan jelas tidak layak untuk diterapkan ke pasar sepenuhnya. pengujian. Poin penting lainnya adalah bahwa robot dimaksudkan untuk membantu manusia, bukan untuk menggantikannya.

Pada tahun 2019, Jack Ma telah meramalkan bahwa, 50% pekerjaan hari esok akan digantikan oleh mesin. Setelah 20-30 tahun, orang hanya bisa bekerja tiga jam sehari atau tiga hari seminggu.

Robot Koki - Image from Jaringan Keuangan Jufu

Saat ini, perusahaan masih relatif aktif dalam mempelajari kecerdasan buatan. Banyak orang akan berpikir bahwa sebagian besar robot akan digunakan untuk proses pembuatan produk di pabrik. Namun, Yang Guoqiang, pendiri perusahaan real estat Country Garden mengatakan, "ke depan, perusahaan apa pun yang ingin berkembang tidak terlepas dari inovasi teknologi".

Untuk tujuan ini, telah dilaporkan sebelumnya bahwa Country Garden telah mendirikan anak perusahaan Bozhi Robotics, dan di masa depan juga akan menginvestasikan sejumlah besar robot dalam proyek-proyeknya.

Bagaimana perusahaan real estate bisa menggunakan robot? Apakah masih bisa menggunakan robot untuk membangun rumah? Belum lagi Country Garden punya rencana ini. Yang Guoqiang berkata bahwa era robot membangun rumah pasti akan datang, dan dia harus melakukannya sendiri, setelah melakukannya, dia akan menjadi perusahaan real estate paling maju dan sumber daya saing yang kuat di masa depan.

Pada 2019, ada kabar bahwa Country Garden berencana menginvestasikan 50 miliar yuan di bidang robotika dalam lima tahun ke depan. Sekarang tahun 2021. Saya tidak tahu seberapa baik rencana "robot untuk menggantikan pekerja konstruksi" Country Garden selesai?

Dilaporkan bahwa tim R&D perusahaan robot yang didirikan oleh Country Garden telah mencapai 1.840 orang dan telah mengajukan lebih dari 600 paten terkait industri.

Pada awalnya, banyak orang tidak dapat memahaminya, dan merasa bahwa robot tidak dapat diandalkan untuk membangun rumah. Namun, ada juga laporan bahwa dari lebih dari 30 jenis robot konstruksi yang saat ini dikembangkan oleh Country Garden, 9 telah digunakan, dan robot pemasang lantai dan robot pemasang wallpaper juga sudah beroperasi.

Teknisi Bangunan - Image from Jaringan Keuangan Jufu

Penuaan pekerja konstruksi di Tiongkok saat ini memang semakin terlihat. Karena kurangnya pekerja muda, ditambah dengan kenaikan biaya tenaga kerja, industri konstruksi mungkin mengalami kekurangan tenaga kerja.

Selain itu, pekerja konstruksi diakui sebagai salah satu pekerjaan yang sulit dan berbahaya, oleh karena itu, alangkah baiknya jika konstruksi robot dapat dicapai, bagaimana menurut Anda?(*)


Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3