Baca dalam 4 menit

China Jadi Tuan Rumah Latihan Pasukan Perdamaian PBB

Waktu Publish : 16 Sep 2021, 12:03 WIB
Sumber : 环球网
SHARE ARTIKEL

Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok yang ikut pelatihan - Image from Reuters

Queshan, Bolong.id - Angkatan bersenjata Tiongkok mengakhiri latihan pemeliharaan perdamaian multinasional pertama mereka. Pada Rabu kemarin memamerkan kecakapan tempur mereka dengan drone dan robot pembersih ranjau sambil berusaha menampilkan citra yang lebih ramah.

Ketika Tiongkok memodernisasi dan meningkatkan militernya dengan memompa ratusan miliar dolar setiap tahun ke dalam anggaran pertahanannya, ia juga berusaha untuk meyakinkan negara-negara lain bahwa militernya adalah kekuatan untuk kebaikan, bukan ancaman.

Dilansir dari 环球网 pada Kamis (16/09/2021), sekitar 1.000 tentara dari Tiongkok, Pakistan, Mongolia dan Thailand berpartisipasi dalam latihan 10 hari di pangkalan pelatihan Tentara Pembebasan Rakyat di daerah Queshan di provinsi tengah Henan, meskipun sebagian besar tentara tampaknya adalah orang Tiongkok.

Latihan tersebut, dengan nama sandi "Takdir Bersama 2021", menggarisbawahi posisi Tiongkok sebagai "pembela setia perdamaian dunia dan ketertiban internasional", Kolonel Senior Lu Jianxin, seorang ahli militer Tiongkok tentang penjaga perdamaian, mengatakan kepada wartawan di pangkalan itu.

Para prajurit, di depan sekelompok kecil wartawan, melakukan bentrokan antara teroris dan penjaga perdamaian di negara fiktif Carana yang dilanda perselisihan.

Latihan itu didasarkan pada insiden 2016 di Mali ketika pasukan penjaga perdamaian Tiongkok diserang dan salah satu dari mereka terbunuh.

Pasukan juga menghidupkan kembali adegan berdasarkan insiden 2016 lainnya di Sudan Selatan, ketika penjaga perdamaian harus melindungi warga sipil yang terjebak dalam pertempuran antar faksi.

Dalam skenario lain, drone berdengung di medan perang untuk menemukan bom, yang ketika ditemukan akan dibuang oleh robot. Drone juga berfungsi ganda sebagai pengeras suara dan merilis selebaran multi-warna untuk mendesak orang berhenti berkelahi.

Latihan ini juga merupakan pameran perangkat keras militer Tiongkok. Pasukan asing dilatih dengan senjata Tiongkok dan peralatan lainnya.

Tiongkok telah berulang kali berusaha untuk menghilangkan kekhawatiran di negara-negara tetangga dan lebih jauh tentang niat militernya, bahkan ketika mereka melakukan latihan secara teratur di dekat Taiwan yang diklaim Tiongkok dan di Laut China Selatan yang disengketakan.

Tiongkok bangga menjadi kontributor pasukan penjaga perdamaian terbesar di antara negara-negara besar seperti yang diwakili oleh lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB.

Sebagai kontributor keuangan terbesar kedua, Tiongkok menyumbang 15% dari total pengeluaran untuk operasi pemeliharaan perdamaian PBB pada tahun 2020.

Sejak tahun 1990, telah mengirim 50.000 tentara untuk berpartisipasi dalam 25 misi penjaga perdamaian secara global, membangun atau memperbaiki 17.000 km (10.600 mil) jalan dan lebih dari 300 jembatan, dan memindahkan 18.000 ranjau, kata Lu.(*)


Informasi Seputar Tiongkok


Terkait

lifestyle

Rekomendasi Drama China Romantis yang Bersemi di Angkatan Mi...

  • Lupita
  • 15 Oct 2021

culture

SEJARAH: 1986 Pembentukan Tentara Kelompok Lapangan Pertama ...

  • Lupita
  • 11 Sep 2021

news

Begini Tanggapan China Atas Pernyataan Politisi Jepang Tenta...

  • Visco Joostensz
  • 10 Sep 2021

news

Kemlu China tentang Intervensi AS di Afghanistan

  • Djono W. Oesman
  • 09 Sep 2021

news

Taiwan Klaim 19 Jet Militer China Masuk Wilayah Mereka

  • Djono W. Oesman
  • 06 Sep 2021

news

China: Dalam Hal Kegiatan Biomiliterisasi, AS Adalah Negara ...

  • Lupita
  • 01 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong