Baca dalam 3 menit

Rilis Lagu Mandarin, Kartika Wang Beri Warna Baru Dalam Musik

Waktu Publish : 02 Sep 2021, 15:40 WIB
SHARE ARTIKEL

Kartika Wang - Image from Property of bolong.id

Pada pertengahan tahun 2021, Kartika Wang merilis single terbarunya secara independen. Karya musik yang dirilis berbeda dengan karya dalam album sebelumnya.

Kali ini Kartika Wang menyanyikan sebuah lagu yang ditulis dan di aransemen oleh musisi muda berbakat asal Taiwan bernama Hsieh Tung Liang yang liriknya ditulis dalam dua bahasa yaitu Indonesia dan Mandarin. Sehingga bukan lagi sebuah lagu dengan dua bahasa di
dalamnya, namun satu lagu dengan dua versi yang berbeda.

Saat ditanya tim bolong.id mengapa merilis versi mandarin, Kartika menjawab, "sebenarnya lagu ini ditulis dalam bahasa mandarin, dan dengan adanya versi mandarin (di samping versi indonesia), bisa menjangkau pasar internasional yang lebih luas".

"Semoga lagu ini juga bisa didengar dan diterima oleh generasi muda yang juga bisa mencintai lagu mandarin", tambah penyanyi berdarah Tionghoa ini.

Proses Rekaman

Proses rekaman lagu tersebut dilakukan di Indonesia dan di Taipei, Taiwan. Lagu bernuansa pop balada berjudul “Sepatu Putih” ini juga melibatkan Sage Audio di Nashville, Tennesse, Amerika Serikat untuk proses mastering.

Lagu “Sepatu Putih” ini dirilis sebagai suatu gebrakan baru dari seorang Kartika Wang yang secara keseluruhan menyanyikan lagu berlirik Indonesia.

Menurutnya segmen pendengar mandarin di Indonesia meskipun tergolong minoritas, tapi dengan aransemen yang lebih modern tentunya berharap bisa menjangkau pendengar yang lebih muda karena selama ini mandarin identik dengan lagu oldie. Melalui karya ini, sekaligus menyatakan eksistensinya sebagai warna baru di belantika musik tanah air.

Sudah Bisa Didengar

Pada 31 Juli 2021 lalu, Kartika Wang resmi merilis lagu “Sepatu Putih” di toko musik digital dan radio di seluruh Indonesia. Lirik lagu yang
menceritakan tentang kerinduan, kebingungan yang dialami dalam suatu romansa khayalan juga akan dituangkan dalam video musik yang telah dirilis pada 7 Agustus 2021.

Dan pada tanggal 24 Agustus 2021 lalu, Kartika Wang telah merilis lagu “Sepatu Putih” dalam bahasa mandarin dengan berjudul “Old Shoes 旧鞋” di toko musik digital secara global dan disemua platform musik.

Sampul digital merupakan foto hasil bidikan dan kolaborasi antar Icun Studio dengan grafik desainer asal Polandia yang akan sinergis dengan video musik lagu “Sepatu Putih” kelak.

Berharap lewat karya ini, karya Kartika Wang bisa memberikan warna baru dalam musik tapi juga bisa menyemangati untuk belajar mandarin lewat lagu. (*)


Informasi Seputar Tiongkok


Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong