Baca dalam 6 menit

KTT APEC, Xi Jinping Paparkan 4 Tujuan Membangun Komunitas di Kawasan Asia-Pasifik

Waktu Publish : 11 Nov 2021, 16:31 WIB
Sumber : 新华社
SHARE ARTIKEL

KTT APEC, Xi Jinping: 4 Tujuan Membangun Komunitas di Kawasan Asia-Pasifik- Image from 新华网

Beijing, Bolong.Id - Presiden Xi Jinping menyampaikan pidato utama berjudul " Pembangunan Berkelanjutan dan Membangun Komunitas Asia-Pasifik Bersama" melalui video pada KTT Pemimpin Bisnis APEC di Beijing .

Dilansir dalam 新华社 Pada (11/11/2021), Presiden Xi Jinping diundang untuk menyampaikan pidato utama berjudul " Pembangunan Berkelanjutan dan Membangun Komunitas Asia-Pasifik Bersama" melalui video di APEC Business Leaders Summit di Beijing.

Xi Jinping mengatakan bahwa saat ini Pandemi Covid-19 masih menyebar secara global, dan pemulihan ekonomi dunia akan cukup sulit dan berliku-liku. Kawasan Asia-Pasifik harus dengan semangat memainkan peran utama, dan dengan tegas bergerak menuju tujuan membangun komunitas dengan masa depan bersama di kawasan Asia-Pasifik.

Pertama, lawan wabah dengan kekuatan bersama. Akan semakin sulit momennya, semakin harus memperkuat kepercayaan diri, semakin tenang dan berani. Menghadapi ujian selama satu abad mengenai masa depan, nasib umat manusia, semua ekonomi Asia-Pasifik dan semua sektor masyarakat harus menjunjung tinggi supremasi kehidupan rakyat. Selain itu juga untuk memajukan semangat ilmu pengetahuan, bersatu dan berjuang untuk memenangkan perang melawan pandemi covid-19.

Kedua, berpegang pada kerja sama terbuka. Semua pihak harus memahami tren umum, proaktif memperluas keterbukaan, mempromosikan liberalisasi dan fasilitasi perdagangan, investasi, menjaga stabilitas kelancaran rantai industri dan rantai pasokan, mendorong pemulihan ekonomi, dan mencapai pembangunan yang terkoordinasi. Selalu melihat ke depan dan bergerak maju. Kawasan Asia-Pasifik tidak dapat dan tidak boleh kembali ke keadaan perpecahan selama Perang Dingin.

Ketiga, mempromosikan transformasi hijau. Kita harus mematuhi prinsip tanggung jawab bersama tetapi berbeda, menerapkan hasil Konferensi Para Pihak ke-15 Perjanjian Paris dan Konvensi Keanekaragaman Hayati dalam menanggapi perubahan iklim, bersama-sama mengikuti penghijauan, rendah karbon, dan pembangunan berkelanjutan. Selain itu juga mematuhi pendekatan yang berpusat pada masyarakat, mengkoordinasikan pertumbuhan ekonomi, keamanan mata pencaharian masyarakat, konservasi energi dan pengurangan emisi, mempromosikan transformasi hijau dalam pembangunan ekonomi, dan mencapai pembangunan yang lebih besar dalam transformasi hijau.

Keempat, aktif mempromosikan inovasi. Hal ini diperlukan untuk mempercepat inovasi teknologi dan kelembagaan. Mempromosikan transformasi pencapaian ilmiah, teknologi, dan menumbuhkan pendorong baru pembangunan ekonomi. Memperkuat kerjasama dalam inovasi ilmiah teknologi di antara anggota Asia-Pasifik, dan menciptakan lingkungan yang terbuka, adil, dan tidak diskriminatif untuk pengembangan teknologi. Dunia usaha harus berusaha menjadi kekuatan utama dalam investasi R&D dan transformasi pencapaian.

Xi Jinping menekankan bahwa perkembangan ekonomi Tiongkok selalu selaras dengan proses kerja sama di kawasan Asia-Pasifik. Tiongkok telah mencapai penyelesaian masyarakat yang cukup makmur dalam segala hal sesuai jadwal dan memulai perjalanan baru membangun negara modern sosialis secara menyeluruh, yang akan membawa peluang lebih besar ke kawasan Asia-Pasifik.

Tiongkok akan dengan teguh mendorong reformasi keterbukaan. Memberikan bantuan bagi perkembangan ekonomi kawasan Asia-Pasifik. Tiongkok juga berkomitmen untuk memajukan pembangunan sistem pasar berstandar tinggi, mempromosikan kemajuan baru dalam reformasi di bidang-bidang penting dan hubungan utama. Menciptakan pola pembukaan tingkat tinggi dan kelembagaan, terus mengoptimalkan lingkungan bisnis, menciptakan lingkungan bisnis yang terpadu, terbuka, sistem pasar kompetitif yang teratur, dan konsolidasi terus-menerus. Landasan pembangunan ekonomi jangka panjang Tiongkok akan memberikan perlindungan yang lebih baik bagi komunitas bisnis Asia-Pasifik dan global untuk berinvestasi di Tiongkok.

Tiongkok akan mempromosikan transformasi hijau yang komprehensif dan berkontribusi pada pembangunan peradaban ekologis di Asia-Pasifik dan dunia. Tiongkok akan secara aktif mempromosikan pembangunan peradaban ekologis, dengan tegas menerapkan strategi nasional untuk mengatasi perubahan iklim, mengoordinasikan transformasi rendah karbon sesuai dengan kebutuhan mata pencaharian masyarakat, dan mencapai puncak karbon dan tujuan netral karbon sesuai jadwal. Menyambut komunitas bisnis Asia-Pasifik juga untuk berpartisipasi aktif dalam menciptakan masa depan pembangunan hijau.

Tiongkok akan mempromosikan kerja sama yang saling menguntungkan dan berkontribusi pada pengembangan ekonomi Asia-Pasifik. Patuhi multilateralisme sejati, berpartisipasi aktif dalam tata kelola ekonomi global, dan promosikan pembangunan ekonomi dunia terbuka. Secara tegas mempromosikan pembangunan bersama berkualitas tinggi dari “Belt and Road” memperkuat kerja sama di bidang pengurangan kemiskinan global, ketahanan pangan, pembiayaan pembangunan, menyuntikkan dorongan ke dalam pemulihan pembangunan ekonomi berkelanjutan Asia-Pasifik, dan membangun komunitas dengan masa depan bersama untuk pembangunan global. (*)


Informasi Seputar Tiongkok



Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong