Baca dalam 4 menit

Xi Jinping Memberikan Penghargaan Terbaik kepada Ilmuwan dan Insinyur

Waktu Publish : 04 Nov 2021, 17:10 WIB
Sumber : 央视网
SHARE ARTIKEL

Xi Jinping Mempersembahkan Penghargaan Terbaik kepada Ilmuwan, Insinyur, dan Pencapaiannya - Image from en.people.cn

Beijing, Bolong.id - Presiden Xi Jinping menyerahkan penghargaan sains tertinggi Tiongkok kepada perancang pesawat terbang Gu Songfen dan pakar nuklir Wang Dazhong atas kontribusi luar biasa dari mereka terhadap inovasi ilmiah dan teknologi Tiongkok.

Dilansir dalam 央视网 pada (04/11/2021) Xi Jinping, Sekretaris jenderal Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok dan ketua Komisi Militer Pusat, memberikan medali dan sertifikat pada upacara tahunan yang diadakan di Beijing. Upacara tahunan ini bertujuan untuk menghormati ilmuwan, insinyur, dan pencapaian penelitian yang terkemuka.

Xi berjabat tangan dengan kedua ilmuwan tersebut dan mengucapkan selamat.

Xi dan para pemimpin Partai dan negara bagian lainnya, termasuk Li Keqiang, Wang Huning dan Han Zheng, bersama dengan dua pemenang penghargaan sains teratas, menyerahkan sertifikat kepada penerima penghargaan lainnya.

Gu Songfen adalah perancang pesawat di Aviation Industry Corporation of China, Ltd., pembuat pesawat terkemuka di negara itu. Lahir pada tahun 1930, Gu adalah seorang akademisi di Chinese Academy of Sciences (CAS) dan Chinese Academy of Engineering.

Wang Dazhong, lahir pada tahun 1935, adalah seorang ilmuwan nuklir bereputasi internasional. Seorang akademisi CAS dan mantan presiden Universitas Tsinghua, ia telah mendedikasikan dirinya untuk penelitian dan pengembangan teknologi energi nuklir canggih.

Upacara tersebut dihadiri oleh sekitar 3.000 orang dan untuk menghormati 264 proyek dengan 46 kemenangan. kemenangan tersebut Memenangkan Penghargaan Ilmu Pengetahuan Alam Negara, 61 Penghargaan Penemuan Teknologi Negara, dan 157 Penghargaan Kemajuan Ilmiah dan Teknologi Negara.

Delapan pakar asing dan satu organisasi internasional memenangkan Penghargaan Kerjasama Sains dan Teknologi Internasional atas kolaborasi mereka dengan ilmuwan Tiongkok. Atas nama Komite Sentral CPC dan Dewan Negara, Perdana Menteri Li Keqiang menyampaikan ucapan selamat kepada para penerima penghargaan dan berterima kasih kepada para ahli asing atas partisipasi dan dukungan mereka dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Tiongkok.

Li, juga sebagai anggota Komite Tetap Biro Politik Komite Sentral CPC, mengatakan bahwa Partai sangat mementingkan pengembangan sains dan teknologi, menghormati serta peduli terhadap pekerja sains dan teknologi.

Ia mencatat bahwa para pekerja sains dan teknologi. Telah menorehkan prestasi gemilang sejak berdirinya Republik Rakyat Tiongkok, terutama dalam menghadapi pandemi COVID-19 dan melindungi kehidupan dan kesehatan masyarakat.

Ketika Tiongkok telah memulai perjalanan baru menuju pembangunan negara sosialis modern dalam semua aspek, Li mencatat bahwa peran sentral inovasi dalam dorongan modernisasi Tiongkok harus ditegakkan untuk meningkatkan kapasitas inovasi sci-tech negara itu.

Perdana menteri menambahkan bahwa ekosistem penelitian ilmiah yang sehat harus dibina untuk mendorong inovasi dan mentolerir kegagalan, dan mendukung para peneliti untuk membuat pencapaian yang lebih orisinal.

Dia menyoroti peran utama perusahaan dalam inovasi, kebijakan yang lebih inklusif untuk mendorong inovasi, konsentrasi sumber daya inovasi di perusahaan, dan integrasi yang lebih dalam dari perusahaan, universitas, dan lembaga penelitian.

Li juga berjanji untuk mempromosikan inovasi terintegrasi di antara semua perusahaan terlepas dari skala atau posisi mereka dalam rantai industri. Dia juga berjanji untuk memperkuat perlindungan hak kekayaan intelektual dan mempercepat penerapan pencapaian sains dan teknologi. (*)


Informasi Seputar Tiongkok



Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong