Lama Baca 2 Menit

Industri Makanan di Tiongkok Tetap Stabil Meskipun Diterpa Pandemi, Kok Bisa?

09 June 2020, 22:05 WIB

Industri Makanan di Tiongkok Tetap Stabil Meskipun Diterpa Pandemi, Kok Bisa?-Image-1

Restoran di Zhangye, Provinsi Gansu - Image from gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Zhangye, Bolong.id -  Kementerian Industri dan Teknologi Informasi Tiongkok (中华人民共和国工业和信息化部) melaporkan, industri makanan Tiongkok secara umum terlihat tetap stabil dalam empat bulan pertama tahun 2020 ini, walau seperti yang telah diketahui, Tiongkok tengah diterjang wabah COVID-19 sejak akhir tahun 2019 lalu. Meskipun demikian, nilai industri dari perusahaan-perusahaan dalam sektor industri makanan di sana mengalami pertumbuhan yang stabil, di mana produksi makanan dan hasil pertanian meningkat masing-masing sebesar 7,5 persen dan 3 persen dari tahun sebelumnya pada periode yang sama. 

Penjualan biji-bijian, minyak dan makanan mencapai 499,63 miliar yuan atau setara dengan Rp 993 triliun rupiah, naik 13,8 persen dari tahun 2019. Penjualan minuman mencapai 63,46 miliar yuan atau setara dengan Rp 634,6 miliar selama periode pandemi ini. Data dari Kementerian Industri dan Teknologi Informasi Tiongkok (中华人民共和国工业和信息化部) menunjukkan bahwa adanya pertumbuhan sebesar 6,3 persen dari tahun sebelumnya (2019). 

Melansir ecns.cn, dari bulan Januari hingga April 2020, di mana wabah COVID-19 sedang merajalela, laba perusahaan makanan turun sebesar 3 persen dari tahun 2019 menjadi 166,18 miliar yuan atau setara dengan Rp 330 triliun rupiah. Perusahaan-perusahaan yang menjual makanan yang dibahas kali ini merujuk pada mereka yang memiliki omset bisnis tahunan setidaknya 20 juta yuan atau setara dengan Rp 39.7 triliun rupiah. 

Bagaimana dengan industri makanan atau kuliner di Indonesia semasa wabah COVID-19 ini? Meski beberapa restoran harus tutup dalam rangka pencegahan wabah, namun industri makanan di Indonesia tetaplah dapat berjalan dengan sistem penjualan daring (online) atau dengan sistem pesan antar (delivery).

Clicky