Baca dalam 3 menit

AS dan Inggris Boikot Huawei, Mengapa Tiongkok Tak Boikot Apple?

Waktu Publish : 24 Jul 2020, 09:55 WIB
SHARE ARTIKEL

Apple - Image from Image from NetEase

Tiongkok, Bolong.id - Dilansir NetEase, dalam beberapa tahun terakhir, Tiongkok telah berkembang dengan sangat cepat. Dalam waktu singkat, banyak perusahaan besar lahir di Tiongkok. Perusahaan-perusahaan ini tidak hanya ada di Tiongkok, namun juga ada di luar negeri dan menjual produk mereka ke seluruh penjuru dunia. Misalnya saja Huawei (华为), ByteDance (字节跳动), dan Xiaomi (小米).

Huawei (华为) - Image from Image from NetEase

Namun, perkembangan pesat Tiongkok membuat beberapa negara ketakutan. Mereka takut akan kebangkitan Tiongkok akan memengaruhi negara mereka, dan akhirnya memboikot produk Tiongkok. Hal tersebut dilakukan oleh negara seperti India, Inggris, dan Amerika Serikat.

Namun, ketika Amerika Serikat memboikot Huawei (华为), mengapa Tiongkok tidak bisa memboikot Apple? Beberapa netizen di Tiongkok memberikan jawabannya.

Apple didirikan oleh Amerika Serikat. Banyak dari produk mereka dibuat di Tiongkok. Hampir setengah dari rantai pasokan Apple ada di Tiongkok, dan pasar yang besar juga ada di Tiongkok. Karena Apple bekerja di Tiongkok berdasarkan kontrak, Apple telah menciptakan banyak peluang kerja dan pendapatan pajak.

Pekerja di Apple - Image from Image from NetEase

Karena sistem iOS yang unik, Apple menciptakan rantai industri. Banyak pengembang perangkat lunak dan perangkat keras yang terlibat dalam pengembangan semacam ini. Meskipun bukan hanya orang-orang Tiongkok yang melakukan ini, tapi orang-orang Tiongkok merupakan mayoritas yang mengembangkannya.

Oleh karena itu, jika Apple dilarang, hal tersebut tentu akan menyebabkan kerugian besar bagi Amerika Serikat, tetapi juga akan secara langsung menyebabkan ratusan ribu pekerja Tiongkok kehilangan pekerjaan mereka, meninggalkan pengembang Apple yang tak terhitung jumlahnya tanpa pendapatan.

Namun, berbeda dengan Huawei (华为). Pengembangan, desain, ketenagakerjaan Huawei semuanya ada di Tiongkok. Karena itu, larangan terhadap Huawei akan berdampak kecil pada Amerika Serikat dan akan melindungi produk Amerika. Begitu Huawei memasuki pasar Amerika, Huawei akan menempati sebagian besar pasar mereka seperti halnya Apple yang memasuki Tiongkok. (*)

Apple - Image from Image from NetEase

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong