Baca dalam 3 menit

Sistem Navigasi Satelit Global BeiDou Tiongkok Beroperasi Penuh

SHARE ARTIKEL

Sistem satelit navigasi BeiDou - Image from internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Tiongkok, Bolong.id - Dilansir dari newatlas.com, lebih dari 30 tahun satelit global BeiDou-3 Tiongkok direncanakan dan dikembangkan. Enam bulan lebih cepat dari jadwal, pada bulan Agustus 2020, satelit ini telah resmi beroperasi.

Satelit BeiDou ke-55 dan terakhir diluncurkan pada 23 Juni 2020, dan sekarang telah menyelesaikan pengujian dan telah beroperasi penuh. BeiDou adalah salah satu dari empat jaringan pemosisian satelit navigasi global, bersama dengan GPS Amerika, GLONASS Rusia, dan sistem Galileo Eropa.

Awalnya dibuat pada 1980-an, jaringan tersebut mewakili peluang bisnis kolosal bagi Tiongkok, yang memproyeksikan pendapatan mendekati US$ 60 miliar atau sekitar Rp881,7 triliun pada 2020.

Lebih dari itu, hal ini merupakan pengembangan militer yang sangat besar bagi sebuah negara karena dapat menggunakan sistem penentuan posisi satelit yang dimiliki oleh negara pesaing.

Layanan BeiDou memberikan akurasi posisi rata-rata 2,34 meter (7,7 kaki) menurut analisis terbaru oleh Sistem Pemantauan dan Penilaian GNSS Internasional. 

Di area tertentu di Tiongkok, keakuratan sudah berada pada level sentimeter, dan pasca pemrosesan, akurasi dapat mencapai level milimeter. Pengukuran kecepatan lebih baik dari 0,2 m/s, dan akurasi waktu lebih baik dari 20 nanodetik.

Ada juga layanan tingkat militer, yang saat ini hanya digunakan oleh Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok dan Angkatan Bersenjata Pakistan, yang menawarkan akurasi 10 cm dan informasi status sistem penting.

BeiDou juga menawarkan layanan komunikasi pesan singkat melalui satelitnya. Mereka menyediakan komunikasi darurat yang sangat terbatas bagi mereka yang memiliki peralatan yang diperlukan, namun sedang berada di area dengan sedikit sinyal, seperti pada  kapal di tengah laut. Jaringan BeiDou memiliki jangkauan lebih dari 99 persen di seluruh dunia.

Ponsel Apple dan Samsung, antara lain, sudah menggunakan sinyal BeiDou untuk meningkatkan kualitas layanan pemosisian mereka, seperti halnya semua merek Tiongkok. Tahun 2019 lalu, lebih dari 70 persen ponsel yang dijual di Tiongkok mendukung BeiDou.

Komisioning penuh dari jaringan BeiDou yang lengkap adalah pencapaian teknis yang sangat besar bagi Tiongkok yang akan terbayar selama beberapa dekade mendatang. (*)


Terkait

technology

Tiongkok Luncurkan Satelit Navigasi BeiDou yang Terakhir

  • Aisyah Hidayatullah
  • 23 Jun 2020

anak

Gak Nyangka! Aplikasi Sistem Beidou Telah Tersebar di Seluru...

  • Oki
  • 26 Jun 2020

technology

Satelit Beidou Terakhir Tiongkok Masuk Mode Operasi Jangka P...

  • Dwi
  • 03 Jul 2020

technology

Satelit Terakhir Beidou Tiba Di 36.000 km Di Atas Bumi

  • Dwi
  • 07 Apr 2020

technology

Bagaimana BDS Tiongkok Berbeda Dari Jaringan Navigasi Global...

  • Dwi
  • 12 Jul 2020

technology

BeiDou Dipakai oleh Mesin Pertanian Tak Berawak di Xinjiang

  • Isna Fauziah
  • 20 Jul 2020
Logo follow bolong