Kepala Senat Ceko: "Saya Orang Taiwan", Bakal Bikin Beijing Marah

logo clock 2 Menit logo clock 01-09-2020, 14:08

Kepala Senat Ceko - Image from Reuters

Taipei, Bolong.id - Kepala Senat Ceko, Milos Vystrcil mengatakan, dia orang Taiwan, dalam pidatonya di parlemen Taiwan, Selasa (1/8/2020). Pernyataan ini kemungkinan besar akan membuat marah Beijing.

Tiongkok, yang mengklaim Taiwan yang demokratis sebagai wilayahnya sendiri, mengancam akan membuat Kepala Senat Ceko, Milos Vystrcil membayar harga mahal untuk mengunjungi pulau itu. Republik Ceko, seperti kebanyakan negara, tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan, demikian dikutip dari Reuters, Selasa (1/8/2020).

“Tolong izinkan saya juga mengungkapkan secara pribadi dukungan saya kepada Taiwan dan nilai tertinggi kebebasan dan mengakhiri pidato hari ini dengan pernyataan yang mungkin lebih rendah hati, tetapi sama kuatnya: 'Saya orang Taiwan',” kata Vystrcil, yang disambut dengan tepuk tangan.

Vystrcil mengatakan, kunjungannya ke Taiwan menggarisbawahi kebijakan luar negeri berbasis nilai yang diberlakukan oleh Presiden Vaclav Havel, seorang anti-komunis yang berhasil menggulingkan komunisme di Cekoslowakia dan teman pribadinya, pemimpin Tibet yang diasingkan, Dalai Lama.

Meskipun pemerintah Ceko tidak mendukung kunjungannya, mereka kecewa dengan kecaman keras dari Tiongkok. Beijing pada Senin (31/8/2020) juga memanggil duta besar Ceko untuk diberi tahu.

Presiden Ceko Milos Zeman telah mengupayakan hubungan bisnis dan politik yang lebih dekat dengan Tiongkok sejak menjabat pada tahun 2013, tetapi upayanya dihantam oleh rencana investasi yang gagal dan Ceko ragu-ragu untuk mengizinkan Huawei Technologies Tiongkok memainkan peran dalam mengembangkan jaringan telekomunikasi generasi berikutnya.

Penulis : Yohana Intan
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Peserta Rindu Komunikasi Tatap Muka di Pameran Buku Frankfurt

 

logo clock 21-10-2020, 07:01
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Tentaranya Ditangkap, China Desak India untuk Segera Kembalikan Tentaranya

 

logo clock 20-10-2020, 14:43
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

China: Pencabutan Embargo Senjata PBB Terhadap Iran Cerminkan Sikap Umum Komunitas Internasional

 

logo clock 20-10-2020, 14:19
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

3 Tips Hindari Kejenuhan Saat WFH

 

logo clock 20-10-2020, 13:31
logo clock Baca ini dalam 7 Menit
logo share

Upacara Pembukaan Beasiswa Pemimpin Muda ASEAN-China, Digelar

 

logo clock 20-10-2020, 13:27
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Viral