Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi: “Anda Melewati Batas!”, Peringati Kepala Senat Ceko

logo clock 3 Menit logo clock 02-09-2020, 11:12

Wang Yi (王毅) - Image from internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Tiongkok, Bolong.id - Mengabaikan Tiongkok dan pemerintah Ceko, Ketua Senat Ceko, Milos Vystrcil bersikeras mengunjungi pulau Taiwan, menghasut pasukan separatis, provokasi terang-terangan yang "melewati batas," kata Anggota Dewan Negara dan Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi (王毅) pada konferensi pers dengan Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas.

Kunjungan tersebut merupakan tindakan yang sangat mengganggu urusan dalam negeri Tiongkok, dan Tiongkok harus mengambil tindakan yang diperlukan, kata Wang (王). Hanya ada satu Tiongkok di dunia dan pulau Taiwan merupakan bagian tak terpisahkan dari wilayah Tiongkok, yang merupakan konsensus bersama komunitas internasional, kata Wang (王), dikutip dari Global Times (Rabu, 2/9/2020).

"Tiongkok harus memberitahu kepala senat Ceko: 'Anda melewati batas,'" kata Wang (王). Tindakan mendukung pemisahan diri Taiwan dan menghasut negara lain untuk mengikuti adalah provokasi terang-terangan, katanya.

Tiongkok telah memanggil duta besar Ceko untuk Tiongkok untuk memprotes kunjungan juru bicara senat Ceko ke Taiwan, sementara Wang (王) selama kunjungannya yang sedang berlangsung ke Eropa membuat tanggapan yang jarang dan tegas atas tindakan pembicara. Mengirimkan pesan yang kuat ke negara-negara Eropa lainnya yang mempermainkan Pulau Taiwan akan dikenakan harga yang mahal, kata pengamat.

Tak lama setelah menteri luar negeri Tiongkok mengatakan pada Senin (31/8/2020) bahwa siapapun yang menentang prinsip satu Tiongkok atas pertanyaan Taiwan akan menjadi musuh 1,4 miliar orang Tiongkok dan merupakan pelanggaran terhadap kepercayaan dan perilaku internasional, ia bersikeras pada satu Tiongkok. 

Prinsip adalah dasar politik dari pembentukan hubungan diplomatik antara Tiongkok dan Republik Ceko, komitmen politik yang harus diikuti oleh pejabat lokal. Wang (王) telah menyampaikan kecaman keras atas kunjungan Vystrcil ke Taiwan dua hari berturut-turut.

Penulis : Yohana Intan
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

China Serukan Kemajuan Keterbukaan Pendidikan

 

logo clock 25-10-2020, 13:49
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

AS Terus Salahkan China Atas Virus, China Siap Balas Jika Dirugikan

 

logo clock 25-10-2020, 07:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Diserang Perwakilan AS untuk PBB, China Respon Begini...

 

logo clock 25-10-2020, 06:48
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Kemenlu China: Pekerja Xinjiang Bukan Kerja Paksa

 

logo clock 24-10-2020, 17:32
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Inggris Ungkap Rincian Visa BNO yang Kontroversial untuk Penduduk HK

 

logo clock 24-10-2020, 17:32
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Viral