Baca dalam 2 menit

Investor Asing di Tiongkok Suka Simpan Aset dalam Yuan

Waktu Publish : 27 Jul 2020, 09:18 WIB
SHARE ARTIKEL

RMB - Image from VCG

Tiongkok, Bolong.id - Dilansir dari Global Times, Investor asing semakin berkeinginan untuk memiliki aset dalam mata uang yuan pada tahun 2020 karena pasar keuangan Tiongkok menunjukkan stabilitas dan ketahanan yang kuat di tengah turbulensi global, ujar seorang mantan kepala Regulator Sekuritas Tiongkok, Xiao Gang (肖钢), Sabtu (25/7/20).

"Sejak awal tahun, pasar keuangan Tiongkok tetap relatif stabil dan telah menunjukkan ketahanan yang kuat dibandingkan dengan pasar internasional," kata Xiao Gang (肖钢) pada forum Dana Moneter Internasional 2020. Ia juga menambahkan bahwa daya tarik global aset yuan meningkat.

Jumlah IPO di pasar saham Shanghai dan Shenzhen melampaui NASDAQ dan New York Stock Exchange (NYSE). Pasar obligasi Tiongkok telah berkembang relatif cepat, dan pasar valuta asing telah mempertahankan keseimbangan dasar.

Sebelum koreksi tajam karena meningkatnya ketegangan Tiongkok-AS pada Jumat (24/7/20), pasar A-share Tiongkok telah mengalami reli yang didorong oleh pemulihan ekonomi dalam beberapa minggu terakhir. Obligasi Tiongkok juga menjadi tempat berlindung yang aman bagi investor asing, menurut Wall Street Journal pada 13 Juli 2020.

Aset Tiongkok memiliki nilai investasi jangka panjang, terutama nilai strukturalnya. Keamanan, profitabilitas, dan kekokohan aset yuan luar biasa. Pasar modal Tiongkok telah menjadi salah satu pasar terbesar di dunia, kata Xiao.

Mantan kepala regulator sekuritas juga menyarankan perusahaan multinasional untuk mendirikan pusat pengelolaan dana global atau regional di Tiongkok untuk meningkatkan investasi ke negara itu.

Tiongkok harus lebih jauh mengoordinasikan pembukaan pasar keuangan termasuk saham, obligasi, futures, dan valuta asing, sambil meningkatkan produk keuangan dan memperkaya alat investasi, kata Xiao. (*)

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong