Baca dalam 2 menit

Rapat Virtual Kerja Sama Tiongkok-Asia Timur Digelar Senin Depan

Waktu Publish : 18 Jul 2020, 11:56 WIB
SHARE ARTIKEL

Pertemuan ASEAN-China Summit 2019 lalu - Image from MoIT Vietnam

Tiongkok, Bolong.id - Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok, Luo Zhaohui(罗照辉)akan menghadiri serangkaian pertemuan kerja sama Asia Timur melalui konferensi video yang akan membahas topik-topik tanggapan dan pengembangan virus corona, ujar Kementerian Luar Negeri Tiongkok, pada Jumat (17/7/20).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying (华春莹) pada konferensi pers Jumat lalu mengatakan, pertemuan akan dihadiri oleh Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang dan Republik Korea (ASEAN Plus Three atau APT), KTT Asia Timur dan Pertemuan Regional ASEAN (ARF) yang akan diselenggarakan pada 20-21 Juli.

Mengenai harapan pertemuan tersebut, Hua mengatakan bahwa Tiongkok berharap untuk mencapai konsensus politik dan memfasilitasi kerja sama praktis melalui pertemuan tentang pembentukan rencana tanggapan dan pengembangan virus corona bersama serta mempersiapkan serangkaian pertemuan kerja sama regional para menteri luar negeri dan para pemimpin lainnya di akhir tahun ini.

Memperhatikan bahwa negara-negara di kawasan tersebut masih dalam masa kritis dalam memerangi virus dan pulih dari pandemi, Hua menuturkan bahwa pertemuan-pertemuan ini akan membantu memberikan kontribusi bagi perdamaian dan kemakmuran kawasan.

Ia menambahkan, kerja sama regional perintis negara-negara Asia Timur sejak pandemi telah membuat model yang baik dari upaya anti-COVID-19 internasional ketika pandemi tersebut melanda berbagai negara dan secara signifikan mempengaruhi kehidupan, masyarakat dan ekonomi masyarakat.(*)

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong