Baca dalam 3 menit

Pianis Muda Shanghai Ini Tampilkan Konser Beethoven

SHARE ARTIKEL

Zhang Huochen, Pianis Muda Shanghai - Image from Shine

Shanghai, Bolong.id - Pemenang penghargaan pianis Shanghai Zhang Haochen (张昊辰), menampilkan konser piano lengkap Beethoven di Shanghai Grand Theatre pada akhir pekan lalu.

Acara pada Sabtu (8/8/20) terdiri dari Piano Concerto No. 1 in C major, Op. 15; Piano Concerto No. 2 in B flat major, Op. 19 dan Piano Concerto No. 3 in C minor, Op. 37. Sedangkan pada Minggu (9/8/20) menampilkan Piano Concerto No. 4 in G major, Op. 58 dan Piano Concerto No. 5 di E flat major, Op. 73.

“Untuk menampilkan konser lengkap dalam dua hari adalah tantangan untuk stamina dan konsentrasi,” ujar pianis berusia 30 tahun itu. “Pencinta musik klasik umumnya lebih akrab dengan Beethoven's Concerto No. 4 dan No. 5. Kedua lagu tersebut biasanya dijadwalkan pada hari pertunjukan yang berbeda untuk urusan box office. Tapi kali ini kami membuat pengecualian, menampilkan lima konser secara berurutan. ”

Zhang berkata, Piano Concerto No. 4 adalah karya Beethoven pertama yang dia pelajari.

“Saya paling tahu karya ini karena telah lama menemani saya,” katanya. “Pemahaman saya terhadap setiap konser berubah seiring waktu selama pertumbuhan saya.”

"Concerto No. 1 memiliki semacam kekuatan, sementara di Concerto No. 3, Anda dapat merasakan kepahitan dan sarkasme dari krisis paruh baya." 

Zhang adalah peraih medali emas dan pemenang hadiah pertama Kompetisi Piano Internasional Van Cliburn ke-13 pada 2009, menjadi salah satu pemenang termuda dalam sejarah kompetisi. Dia menerima Avery Fisher Career Grant 2017 sebagai pengakuan atas bakatnya.

Musisi tersebut bermain dengan Shanghai Opera House Orchestra di bawah arahan sutradara dan konduktor Xu Zhong (许忠). Ini adalah pertama kalinya Zhang dan konduktor Xu bergandengan tangan dalam pertunjukan.

“Untuk menampilkan konser lengkap Beethoven juga merupakan tantangan bagi orkestra, karena orkestra lebih sering muncul dalam pertunjukan opera daripada konser,” kata Xu. “Tapi kami akan melakukan yang terbaik.”

Tahun 2020 menandai peringatan 250 tahun kelahiran komposer hebat. Serangkaian konser bertema Beethoven oleh rombongan internasional dibatalkan atau ditunda karena merebaknya COVID-19. Maka, ini adalah kesempatan sempurna bagi Zhang untuk menampilkan karya unik master Jerman itu. (*)


Terkait

culture

Pianis Muda Shanghai Ini Tampilkan Konser Beethoven

  • Isna Fauziah
  • 10 Aug 2020

culture

Pianis Tiongkok akan Rilis Album Variasi Golberg-nya Bach

  • Isna Fauziah
  • 03 Sep 2020

international

Pianis Tiongkok: Karya-karya Bach Obat untuk Saat-Saat Sulit

  • Isna Fauziah
  • 08 Sep 2020

culture

Hollywood Produksi Film Biografi Pianis China Terkenal Dunia...

  • Isna Fauziah
  • 24 Sep 2020

culture

Lebih Dari 400 Anak Ambil Bagian dalam Pertunjukan Piano di ...

  • Isna Fauziah
  • 17 Nov 2020

News

Pianis China, Fou Ts'ong Meninggal Karena COVID-19 di London

  • Lupita
  • 30 Dec 2020
Logo follow bolong