Sengketa India-Tiongkok: Tiongkok Kembalikan Lima WN India yang Hilang

logo clock 3 Menit logo clock 13-09-2020, 10:54

Sengketa India-Tiongkok: Tiongkok Kembalikan Lima WN India yang Hilang - Image from BBC

Ladakh, Bolong.id - Lima warga negara India yang diduga telah ditahan ketika mereka berjalan melintasi perbatasan ke Tiongkok telah dibebaskan, ujar Kementerian Pertahanan India.

Para pemuda, dari negara yang berbatasan dengan Tiongkok, hilang awal bulan ini.

India mengatakan mereka adalah pemburu yang tidak sengaja masuk ke wilayah Tiongkok. Rilis tersebut belum dikonfirmasi oleh Tiongkok.

Ketegangan meningkat sejak bentrokan mematikan di daerah sengketa antara pasukan India dan Tiongkok pada Juni 2020.

Dalam pernyataan yang dirilis pada Sabtu (12/9/20), juru bicara militer India mengatakan lima pemuda dari negara bagian perbatasan Arunachal Pradesh yang terisolasi telah "secara tidak sengaja menyimpang melintasi perbatasan saat berburu".

Ia menambahkan, ini tidak jarang mengingat perbatasan yang panjang dan kadang-kadang tidak ditandai antara kedua negara.

Meskipun belum ada kabar resmi, surat kabar Global Times milik pemerintah Tiongkok mengutip sumber keamanan yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan kelompok itu adalah "personel intelijen yang menyamar sebagai pemburu".

Sumber tersebut mengatakan orang-orang itu dengan sengaja melintasi perbatasan dan "ditahan, diperingatkan dan dididik" oleh militer Tiongkok.

Tentara India mengaktifkan hotline militer yang dirancang untuk membantu meredakan ketegangan perbatasan dengan Tiongkok awal pekan ini, menyusul laporan bahwa kelompok itu telah diculik.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Zhao Lijian (赵立坚) tidak memberikan perincian pada saat itu, tetapi mengatakan bahwa negaranya "tidak pernah mengakui apa yang disebut 'Arunachal Pradesh', yang merupakan wilayah Tibet selatan Tiongkok".

Apa latar belakangnya?

Hubungan antara kedua negara telah memburuk sejak Juni 2020, ketika sedikitnya 20 tentara India tewas dalam bentrokan di daerah perbatasan yang disengketakan di Ladakh. Tiongkok tidak mengomentari laporan bahwa mereka juga menderita korban (jumlah orang yang luka dan tewas), seperti yang dilansir dari BBC.

Terjadi gejolak sejak itu, tetapi pada Kamis (10/9/20), menteri luar negeri India dan mitranya dari Tiongkok bertemu di Rusia, di mana mereka mencapai kesepakatan untuk mengurangi ketegangan dari perbatasan bersama mereka.

Kedua negara secara teratur menuduh satu sama lain menghasut pertempuran di wilayah Himalaya di Ladakh dengan melintasi perbatasan, garis berbatas buruk yang mengular melalui medan yang tidak ramah.

Meskipun beberapa putaran pembicaraan militer dan diplomatik, negara tetangga bersenjata nuklir itu gagal menyelesaikan sengketa perbatasan mereka.

Ada beberapa alasan mengapa ketegangan meningkat baru-baru ini - tetapi tujuan strategis yang bersaing terletak pada akarnya, dan kedua belah pihak saling menyalahkan.

Kedua negara hanya berperang satu kali, pada 1962, ketika India menderita kekalahan yang memalukan. (*)


Penulis : Isna Fauziah
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

Laut China Selatan Memanas, Jepang - Vietnam Sepakati Kerjasama Militer

 

logo clock 21-10-2020, 13:04
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Pembaruan Perjanjian Uskup Cerminkan Hubungan Sehat China-Vatikan

 

logo clock 21-10-2020, 13:01
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Kemenlu Tiongkok Warning India Hati-hati tentang Masalah Taiwan

 

logo clock 21-10-2020, 12:57
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Ini Bakal Jadi Bukti Pembicaraan antara China dan India Berjalan Baik

 

logo clock 21-10-2020, 11:44
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Ini Dia Hasil Investigasi Xinjiang oleh Pakar China

 

logo clock 21-10-2020, 11:40
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Viral