Tiongkok-Spanyol Janji Junjung Multilateralisme, Tingkatkan Pertukaran

logo clock 4 Menit logo clock 04-09-2020, 10:42


Yang Jiechi (Kiri), anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok (PKT), dan Direktur Kantor Komisi Urusan Luar Negeri dari Komite Sentral PKT, berbicara dengan PM Spanyol Pedro Sanchez, Madrid, Spanyol (3/9/20) - Image from CGTN

Madrid, Bolong.id - Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez dan Diplomat Senior Tiongkok Yang Jiechi (杨洁篪) pada Kamis (3/9/20) berjanji untuk menegakkan multilateralisme dan meningkatkan pertukaran bilateral antara kedua negara.

Yang, anggota dari Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok (CPC) dan Direktur Kantor Komisi Urusan Luar Negeri dari Komite Sentral CPC, memulai dengan memuji ‘cetak biru’ baru untuk kemitraan strategis komprehensif Tiongkok-Spanyol yang dibuat oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping (习近平) dan Sanchez selama kunjungan sukses Xi ke Spanyol pada 2018.

Memperhatikan kedua negara telah bekerja sama dalam menghadapi COVID-19, Yang mengatakan fakta tersebut sepenuhnya membuktikan bahwa Tiongkok dan Spanyol adalah mitra dan teman yang tulus.

Tiongkok dan Spanyol harus mempertahankan pertukaran tingkat tinggi, mengonsolidasikan rasa saling percaya dalam politik dan terus mendukung kepentingan inti serta perhatian utama masing-masing, Yang menekankan sambil menyarankan kedua belah pihak harus saling menghormati jalur pembangunan satu sama lain dan menganggap perkembangan satu sama lain sebagai sebuah peluang.

Tiongkok siap bekerja sama dengan Spanyol untuk mengimplementasikan konsensus penting yang dicapai oleh para pemimpin kedua negara dan mengembangkan hubungan bilateral menjadi model saling menghormati, pertukaran dan pembelajaran bersama, serta kerja sama yang saling menguntungkan antar negara, kata Yang.

Menurut Yang, kedua negara perlu memperluas perdagangan dan investasi bilateral serta memanfaatkan potensi kerja sama di bidang ekonomi hijau, ekonomi digital, dan bidang lainnya. Tiongkok siap mengimpor lebih banyak produk pertanian Spanyol, ujar diplomat senior itu.

Yang mendesak kedua negara agar memperkuat antar individu dan pertukaran budaya, memperdalam pembelajaran bersama di antara peradaban, mempromosikan penelitian bersama dan pengembangan vaksin dan obat-obatan serta membangun komunitas kesehatan global untuk semua.

Tiongkok dan Spanyol perlu bersama-sama menegakkan multilateralisme, menegakkan keadilan internasional, serta meningkatkan tata kelola global, katanya, mengungkapkan keyakinan bahwa Spanyol akan terus memainkan peran konstruktif dalam mendorong perkembangan hubungan Tiongkok-Eropa.

Sementara itu, Sanchez mengatakan Spanyol sangat mementingkan pengembangan hubungan dengan Tiongkok secara strategis, dan kunjungan sukses Presiden Xi ke Spanyol telah memfasilitasi perkembangan penting dalam hubungan bilateral.

Spanyol berterima kasih kepada Tiongkok atas bantuan dan dukungannya dalam memerangi pandemi COVID-19, kata Sanchez, seraya menambahkan bahwa perang melawan COVID-19 telah menyatukan semua negara dan membantu memperkuat hubungan Spanyol-Tiongkok.

Sanchez mengatakan, Spanyol bersedia meningkatkan pertukaran dan kerja sama dengan Tiongkok untuk lebih mengeksplorasi pasar Tiongkok, dan menyambut baik investasi dari bisnis Tiongkok.

Sanchez mencatat bahwa Spanyol, Uni Eropa dan Tiongkok semuanya dengan tegas mendukung multilateralisme dan perlu memperkuat komunikasi dan koordinasi. Ada potensi besar untuk kerja sama UE-Tiongkok, dan Spanyol akan secara aktif berpartisipasi dan mempromosikannya, tambahnya. (*)

Penulis : Isna Fauziah
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

AS Setujui Penjualan Senjata Canggih Lainnya ke Taiwan

 

logo clock 27-10-2020, 12:24
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

ByteDance Pertimbangkan Daftarkan Aplikasi Video Pendek Douyin di Hong Kong

 

logo clock 27-10-2020, 11:37
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Biro Mengganti Medali Perang Veteran yang Hilang

 

logo clock 27-10-2020, 11:25
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Kedubes China di Sri Lanka Protes Pernyataan Intimidasi Pejabat AS

 

logo clock 27-10-2020, 09:54
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Pameran Pariwisata China-ASEAN Expo 2020 Digelar di Guilin 8 Desember

 

logo clock 27-10-2020, 09:51
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral