Baca dalam 3 menit

Xi Jinping Berseru untuk Tetap Berpegang pada Jalur Multilateralisme

Waktu Publish : 23 Sep 2020, 10:47 WIB
SHARE ARTIKEL

Xi Jinping Berseru untuk Tetap Berpegang pada Jalur Multilateralisme - Image from The Global Herald

Beijing, Bolong.id - "Pandemi ini mencerahkan kami: reformasi dan peningkatan sistem pemerintahan global sangat dibutuhkan. Ini bukan hanya ujian bagi kapasitas pemerintahan masing-masing negara, tetapi juga pemeriksaan sistem pemerintahan global," ujar Presiden Tiongkok Xi Jinping (习近平) melalui tautan video di Debat Umum sesi ke-75 Sidang Umum PBB pada Selasa (22/9/20).

"Kita harus tetap berpegang pada jalur multilateralisme, dan menegakkan sistem internasional dengan PBB sebagai intinya," tambahnya.

"Tata kelola global harus mengikuti prinsip negosiasi bersama, berbagi dan konstruksi bersama, dan mendorong semua negara untuk mewujudkan hak yang sama, kesempatan yang sama, dan aturan yang sama, untuk membantu sistem pemerintahan global agar sesuai dengan lanskap politik dan ekonomi internasional yang berubah, memenuhi tuntutan realistis yang diperlukan untuk mengatasi tantangan global, dan mematuhi tren historis perdamaian, kerja sama, dan saling menguntungkan,” lanjut Xi (习).

Presiden Tiongkok juga mengatakan bahwa perbedaan pendapat antar negara adalah normal, dan ini harus diselesaikan dengan baik melalui dialog dan konsultasi. Mungkin ada persaingan antar negara, katanya, tetapi itu harus positif dan bersifat ramah.

"Kita harus menjaga garis bawah moral dan norma-norma internasional. Bangsa yang hebat harus terlihat seperti bangsa yang hebat, menyediakan lebih banyak barang publik dan mengambil lebih banyak tanggung jawab sebagai kekuatan besar," tambahnya. (*)



Banner Kanan
Logo follow bolong