Baca dalam 3 menit

Xi Jinping: Keberagaman adalah Kekuatan Pendorong Masyarakat Manusia

Waktu Publish : 23 Sep 2020, 09:56 WIB
SHARE ARTIKEL

Keberagaman adalah Kekuatan Pendorong Masyarakat Manusia - Image from CGTN

Beijing, Bolong.id - Keragaman harus menjadi kekuatan pendorong masyarakat manusia serta bentuk alami dari peradaban manusia yang beraneka segi, ujar Presiden Tiongkok Xi Jinping (习近平) pada Debat Umum sesi ke-75 Sidang Umum PBB, Selasa (22/9/20).

Presiden Tiongkok menyampaikan pidato melalui tautan video pada Selasa (22/9/20), di mana ia berbicara tentang hikmah pandemi COVID-19.

"Pandemi menyadarkan kami bahwa kami hidup di desa global yang saling berhubungan yang berbagi suka dan duka. Orang-orang dari semua negara terhubung erat, dengan masa depan yang sama. Tidak ada yang dapat mengambil keuntungan dari kesulitan negara lain, juga tidak dapat mengamankan stabilitas keluar dari kekacauan orang lain," ujar Xi (习).

Xi Jinping (习近平) - Image from Cri

Presiden Xi (习) meminta semua negara untuk menganggap diri mereka sebagai bagian dari komunitas dengan masa depan bersama, dan untuk keluar dari lingkaran pola pikir zero-sum game, dan sebaliknya bergerak maju dengan sikap kooperatif dan win-win.

Ia menekankan semua negara harus mengesampingkan ideologi, kontroversi, dan tidak jatuh ke dalam perangkap yang disebut benturan peradaban.

"Kita harus menunjukkan rasa saling menghormati dalam pilihan negara atas jalan dan pola mereka sendiri dalam pembangunan, dan membiarkan keragaman menjadi kekuatan pendorong yang tak habis-habisnya dari masyarakat manusia, serta bentuk alami dari peradaban manusia yang beraneka segi," ujar Xi. (*)


Terkait

news

Xi Jinping Bicara Emisi CO2 di KTT Ambisi Iklim

  • Isna Fauziah
  • 14 Dec 2020

technology

Xi Jinping: China Gencar Inovasi Sains dan Teknologi

  • Isna Fauziah
  • 19 Nov 2020

news

Xi Jinping Membuat 4 Proposal untuk Pengembangan PBB

  • Isna Fauziah
  • 22 Sep 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong