Baca dalam 3 menit

China Lindungi Panda Raksasa dan Macan Tutul Salju

SHARE ARTIKEL

Dua panda raksasa dipotret di Pusat Penelitian Chengdu tentang Penangkaran Panda Raksasa dalam acara bertema Hari Panda Internasional di Chengdu, Provinsi Sichuan, Tiongkok barat daya, 27 Oktober 2020 - Image from GT

Sichuan, Bolong.id - Sebuah liga telah dibentuk untuk melindungi panda raksasa dan macan tutul salju di Chengdu, Provinsi Sichuan di Tiongkok Barat Daya. Itu melibatkan cagar alam nasional di Sichuan dan asosiasi hutan di lima tempat termasuk Daerah Otonomi Xinjiang Uighur Tiongkok Barat Laut, Gansu, Shaanxi dan Provinsi Qinghai.

Forum yang membahas perlindungan dua hewan langka yang diselenggarakan pada Selasa (27/10/20), diumumkan bahwa liga akan membangun platform untuk komunikasi dan memperkuat pertukaran teknologi serta pengalaman perlindungan satwa liar di Provinsi Tiongkok Barat dan bahkan dengan negara asing, menurut sebuah dokumenter yang dikirim ke Global Times oleh Worldwide Fund for Nature (WWF).

Otoritas Cagar Alam Wolong sebelumnya telah mengedepankan rencana perlindungan panda dan macan tutul salju, yang merupakan dua spesies terkenal yang menarik perhatian masyarakat untuk topik pelestarian alam. WWF juga telah meluncurkan rencana untuk melindungi kedua spesies tersebut tahun ini.

Tiongkok memiliki pengalaman yang kaya dalam melindungi dan merawat panda raksasa, dan pengalaman tersebut dapat digunakan untuk merawat macan tutul salju. Li Sheng, seorang peneliti di School of Life Science di Universitas Peking, mengatakan kepada Global Times pada Rabu (28/10/20) bahwa memberikan pertimbangan bersama untuk kedua spesies ini adalah strategi baru.

Macan tutul salju terlihat dalam foto inframerah tak bertanggal yang diambil di Cagar Alam Nasional Gunung Qomolangma di Daerah Otonomi Tibet China barat daya.- Image from GT

“Macan tutul salju adalah spesies yang hidup di ekosistem pegunungan dan panda raksasa menghuni hutan pegunungan rendah tengah. Jadi, pertimbangan terhadap kedua hewan ini dapat memperluas cakupan perlindungan dan memberi manfaat lebih banyak spesies dengan kebutuhan ekologis berbeda di kawasan yang sama,” kata Li.

Tiongkok sedang membangun taman nasional untuk panda raksasa, yang dapat menampung banyak hewan termasuk karnivora besar di bawah sistem perlindungan yang lebih besar.

Taman nasional akan mencakup area seluas sekitar 27.000 kilometer, melintasi tiga provinsi - Provinsi Sichuan, Provinsi Shaanxi dan Provinsi Gansu di Tiongkok Barat Laut - serta 12 kota, memberikan peluang baru yang belum pernah ada sebelumnya untuk melindungi karnivora besar di dalam habitat panda.

Li mencatat, rencana perlindungan panda dan macan tutul salju akan memainkan peran penting di taman nasional dan dapat bermanfaat bagi seluruh sistem ekologi. (*)

Terkait

international

Panda Raksasa 'Heroik' Lei Lei Meninggal Dunia di Usia 31 Ta...

  • Isna Fauziah
  • 13 Sep 2020

culture

Jelang Ulang Tahun, Akhirnya Panda Raksasa Ini Punya Nama

  • Isna Fauziah
  • 04 Oct 2020

culture

China Lindungi Panda Raksasa dan Macan Tutul Salju

  • Isna Fauziah
  • 31 Oct 2020

entertainment

Ternyata, Panda Bisa Mengeluarkan Suara yang Berbeda-Beda. A...

  • Isna Fauziah
  • 20 Dec 2020
Logo follow bolong