Inilah Khasiat Ubi untuk Kesehatan

logo clock 3 Menit logo clock 05-10-2020, 17:56

Ubi China (山药) - Image from Zhifure

Jakarta, Bolong.id - Umbi-umbian adalah produk kesehatan yang baik di musim gugur dan musim dingin. Salah satu jenis umbi-umbian yaitu ubi rambat atau yam (山药). Ubi rambat memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Dapat memperkuat ginjal, menyehatkan paru-paru, menyehatkan limpa dan mengatasi sariawan, serta murah dan cocok untuk kalangan tua dan muda.

Sekarang, mari kita lihat khasiat apa saja yang terdapat pada ubi rambat ini.

Anti Penuaan

Terdapat dehydroepiandrosterone (hormon steroid, 脱氢表雄酮) dalam ubi, yang dapat meningkatkan kualitas tidur dan menunda penuaan. Selain itu, ubi juga dapat meningkatkan imunitas tubuh, memperkuat tubuh, dan meningkatkan hematopoiesis (pembentukan sel darah,造血作用). Ubi juga mengandung berbagai elemen yang dapat menunda penuaan.

Merawat Kecantikan

Ubi kaya akan asam amino dan vitamin, yang dapat memperbaiki sel yang rusak, sehingga memperlambat penuaan kulit. Ubi juga memiliki efek penghambatan pada noda di kulit. Rutin mengonsumsi ubi dapat menghambat pertumbuhan noda dan menghilangkan noda pada kulit.

Selain kecantikan, ubi juga dapat membantu menurunkan berat badan. Karena ubi mengandung banyak serat makanan yang dapat menambah rasa kenyang, memperlancar sistem pencernaan, mempercepat gerak peristaltik usus, sehingga mencapai tujuan penurunan berat badan.

Menutrisi ginjal

Sering mengonsumsi ubi dapat memperkaya esensi dan memperkuat ginjal, memiliki efek yang baik pada orang tua dengan sering buang air kecil dan ‘kebelet’. Menurut buku 本草求真 (Seeking Truth in Materia Medica) - buku mengenai farmakologi Tiongkok zaman Dinasti Qing, "山药,本为食物,且其性涩,能治遗精不禁。(ubi pada dasarnya adalah makanan, dan sifat astringennya tidak dapat membantu tetapi mengobati spermatorrhea)." Akan lebih efektif jika dikonsumsi bersama dengan makanan penguat dan penutrisi ginjal lainnya, seperti kacang rubah/gorgon (Euryale ferox) dan biji teratai (lotus seeds).

Melindungi pembuluh darah

Ubi mengandung protein musin, polisakarida dan sebagainya. Juga dapat mencegah penyakit kardiovaskular, melindungi elastisitas pembuluh darah, dan mencegah aterosklerosis (penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri).

Catatan: Ubi memiliki efek yang baik untuk menutrisi ginjal. Bila dipasangkan dengan biji teratai (dijadikan bubur, dsb) maka efek menutrisi ginjal menjadi dua kali lipat. Ketika ginjal baik, orang akan menjadi lebih awet muda. Bubur biji teratai juga dapat menurunkan berat badan, menghilangkan noda pada kulit, melembutkan pembuluh darah, serta makan lebih awal akan menyehatkan, seperti dilansir dari Sohu. (*)



Penulis : Isna Fauziah
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

Kasus COVID-19 Capai 160 di Kashgar Saat Uji Massal

 

logo clock 27-10-2020, 11:09
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Inilah Tips untuk Memastikan Anda Tetap Sehat

 

logo clock 27-10-2020, 10:55
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Heboh, PNS di Shandong Racuni Rekannya dengan “Hormon Babi”

 

logo clock 27-10-2020, 10:30
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Bantu Atasi COVID-19, China Beri Sumbangan Alat Medis ke Suriah Lagi

 

logo clock 26-10-2020, 13:27
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Jumlah Obesitas Anak dan Remaja Naik, China Siapkan Strategi

 

logo clock 26-10-2020, 12:25
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Viral