TikTok Dituduh Bakal Pengaruhi Pemilu di AS

logo clock 4 Menit logo clock 02-10-2020, 07:13

TIkTok AS - Image from GT

Washington, Bolong.id - TikTok menyediakan panduan dan informasi dalam aplikasi mereka untuk pemilu AS 2020, tujuannya untuk memberikan akses informasi bagi para pemilih - langkah yang berarti dan berharga bagi pengguna Amerika - bukan untuk tujuan lain, catat para ahli, membantah laporan yang dengan jahat menafsirkan tindakan TikTok.

Perusahaan meluncurkan panduan pemilihan dengan organisasi di tengah upaya pemerintahan Trump untuk melarang perusahaan swasta tersebut atas apa yang disebut ancaman keamanan nasional.

Bersama dengan BallotReady dan SignVote, aplikasi ini menyediakan informasi dan akses bagi mereka yang memiliki keterbatasan, yang tinggal di luar negeri, atau mereka yang pernah dihukum untuk berpartisipasi dalam pemungutan suara, meskipun perusahaan teknologi tersebut tidak yakin akan masa depannya di AS.

Sementara banyak yang dengan setia melaporkan pengumuman tersebut, beberapa masih mempertanyakan tujuan TikTok, dan menautkannya dengan keamanan data, yang berulang kali ditolak oleh perusahaan. Bahkan setelah TikTok menegaskan kembali, menggunakan panduan tidak ada hubungannya dengan tindakan TikTok di masa depan, seperti rekomendasi atau iklan, beberapa masih menuduh perusahaan menyesatkan pengguna, dan menyimpan data untuk penggunaan lain.

Sarah Perez dari TechCrunch dalam laporannya berfokus pada bagaimana mereka yang menggunakan data pemilu di TikTok dapat menjadi perhatian.

Meramalkan kemungkinan kesalahpahaman atas panduan tersebut, TikTok mengatakan perusahaan tersebut bukan aplikasi untuk berita atau politik, dan tidak menerima iklan politik berbayar.

"Panduan pemilihan kami dibuat dengan mempertimbangkan privasi pengguna. Jadi, pengguna harus mengunjungi situs web untuk negara bagian atau organisasi nirlaba untuk apa pun yang melibatkan berbagi informasi, termasuk mendaftar untuk memberikan suara," kata pernyataan perusahaan itu.

Sebagai salah satu aplikasi berbagi video terpopuler di dunia, dengan lebih dari 100 juta pengguna di AS dan 700 juta di seluruh dunia, panduan ini dianggap sebagai pendekatan unik untuk membantu meningkatkan partisipasi publik dalam pemilihan.

"Kami tahu TikTok digunakan oleh orang Amerika untuk mengekspresikan diri. Dengan pemikiran itu, kami fokus untuk mendukung pengguna kami dengan pendidikan dan informasi tentang masalah publik yang penting," kata laporan itu.

TikTok tidak mungkin memiliki motif untuk mempengaruhi pemilihan atau menggunakan data untuk kegunaan lain, belum lagi menjadi sorotan, kata para ahli.

"Sebaliknya, saya pikir itu dilakukan untuk mencegah campur tangan dalam pemilihan AS terjadi di platform," ujar Lu Chuanying, seorang rekan peneliti di Institut Shanghai untuk Studi Internasional.

Lu mengatakan, motif TikTok dalam hal ini tidak perlu diragukan lagi, karena platform media sosial lain seperti Facebook dan Twitter juga melakukan sesuatu untuk membantu pemilih berpartisipasi dalam pemilihan.

Xiang Ligang (项立刚), seorang analis industri telekomunikasi independen, mengatakan kepada Global Times pada Rabu (30/9/20), aplikasi semacam itu akan bermakna dan berharga bagi pengguna Amerika, tetapi seseorang tidak dapat mencegah orang lain untuk memasukkan makna yang menyimpang ke dalamnya, terutama karena perusahaan tersebut berada di bawah sorotan.

Hakim AS pada Minggu (27/9/20) memblokir sementara larangan pemerintah atas unduhan aplikasi TikTok, memberi perusahaan induknya ByteDance beberapa ruang untuk bernafas saat berhasil mencapai kesepakatan untuk menyelamatkan bisnisnya di AS.

Pejabat TikTok dan pengacara AS mereka diharapkan bertemu pada atau sebelum Rabu untuk berunding dan mengajukan laporan status bersama yang mengusulkan jadwal untuk proses lebih lanjut. (*)

Penulis : Isna Fauziah
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

Peserta Rindu Komunikasi Tatap Muka di Pameran Buku Frankfurt

 

logo clock 21-10-2020, 07:01
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Tentaranya Ditangkap, China Desak India untuk Segera Kembalikan Tentaranya

 

logo clock 20-10-2020, 14:43
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

China: Pencabutan Embargo Senjata PBB Terhadap Iran Cerminkan Sikap Umum Komunitas Internasional

 

logo clock 20-10-2020, 14:19
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

3 Tips Hindari Kejenuhan Saat WFH

 

logo clock 20-10-2020, 13:31
logo clock Baca ini dalam 7 Menit
logo share

Upacara Pembukaan Beasiswa Pemimpin Muda ASEAN-China, Digelar

 

logo clock 20-10-2020, 13:27
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Viral