Penasihat Presiden Jokowi, Dato Sri Tahir Puji Kontribusi Wang Liping Bagi Indonesia

logo clock 6 Menit logo clock 09-10-2020, 10:01

Dato Sri Tahir saat bersama Presiden Jokowi - Image from Zaobao

Jakarta, Bolong.id - Di saat pemerintah Indonesia meluncurkan program pemulihan ekonomi secara menyeluruh, tersiar kabar bahwa Wang Liping (王立平), Penasihat Menteri Ekonomi dan Komersial Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia, meninggalkan jabatannya untuk mengambil jabatan barunya di Thailand. 

Wang Liping  (王立平) datang ke Indonesia lima tahun lalu untuk menduduki jabatannya di Indonesia. Ia dengan cepat menjalin hubungan baik dengan para politikus dan bisnis Indonesia, termasuk Penasihat Presiden RI, Dato Sri Tahir (Weng Junmin, 翁俊民).

Wang Liping (王立平) sering bepergian ke seluruh Indonesia, menghadiri berbagai kegiatan dan konferensi, menyampaikan suara Tiongkok, menawarkan saran kepada pemerintah Indonesia dan para pelaku bisnis, terus memperkenalkan perusahaan dan pengusaha Tiongkok, serta berhasil melaksanakan berbagai kerjasama ekonomi dan perdagangan antara kedua negara.

Jelas terlihat bahwa kerjasama ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dan Tiongkok telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, ujar Dato Sri Tahir, Penasihat ekonomi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilansir dari surat kabar berbahasa mandarin, 国际日报.

Saat ini Tiongkok telah menjadi sumber investasi asing terbesar kedua bagi Indonesia. Tiongkok telah menjadi mitra dagang terbesar Indonesia selama bertahun-tahun. Proyek kerja sama ekonomi dan perdagangan Tiongkok-Indonesia tersebar di seluruh pulau besar di Indonesia, pada saat yang sama, Tiongkok juga menjadi sumber wisatawan terbesar Indonesia.

Kerja sama ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dan Tiongkok telah mendorong perkembangan industri Indonesia dan meningkatkan posisi Indonesia dalam rantai industri global. Investasi Tiongkok mencakup semua aspek konstruksi infrastruktur, penambangan dan pemrosesan energi, manufaktur industri, dll., menyuntikkan vitalitas baru ke dalam pembangunan dan konstruksi Indonesia.

Perusahaan yang didanai Tiongkok secara langsung dan tidak langsung menciptakan banyak lapangan kerja lokal, berkomitmen untuk lokalisasi karyawan, secara aktif melatih karyawan Indonesia, dan memperkuat kualitas tenaga kerja Indonesia.

Kerja sama ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dan Tiongkok telah memperkuat tingkat manajemen modern Indonesia, mendorong pengembangan industri manufaktur, memperluas ekspor, dan meningkatkan daya saing internasional.

Wang Liping, Konselor Menteri - Image from Shangbao

Dato Sri Tahir menyampaikan, sebagai Penasihat Menteri Ekonomi dan Komersial Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia, Wang Liping (王立平) telah bertanggung jawab atas kerja sama ekonomi antara Indonesia-Tiongkok. Ia memainkan peran yang sangat penting dalam perdagangan Indonesia-Tiongkok dan memberikan kontribusi yang luar biasa bagi pembangunan ekonomi Indonesia. Setelah bertahun-tahun bekerja keras, dapat dikatakan bahwa ia telah melakukan upaya besar, pencapaian luar biasa, dan banyak titik terang.

Di bawah Penasihat Menteri Wang Liping (王立平) , sejumlah besar perusahaan yang didanai Tiongkok telah mengakar di Indonesia, mempraktikkan hubungan strategis antara inisiatif "Belt and Road" dan rencana "Poros Maritim Dunia".

“Di antara diplomat ekonomi yang ditempatkan di Indonesia, Wang Liping (王立平) tidak diragukan lagi adalah yang paling sibuk. Sosoknya sering muncul dalam kegiatan ekonomi utama Indonesia dan forum akademik penting. Tak terhitung pejabat dan pebisnis Indonesia telah belajar darinya. Pun Indonesia tidak hanya mendapatkan keuntungan dari pembangunan Tiongkok, tetapi juga belajar dari pengalaman pembangunan Tiongkok,” kata Dato Sri Tahir.

Munculnya epidemi telah mengganggu perkembangan ekonomi dan perdagangan normal kedua negara. Wang Liping (王立平) meminta perusahaan Indonesia dan Tiongkok untuk bertahan, mengeksplorasi dan berinovasi, serta memulai "normal baru" yang sejalan dengan pencegahan epidemi dan pembangunan ekonomi.

Wang Liping (王立平)  secara aktif mempromosikan "jalur cepat" yang memfasilitasi pertukaran personel antara kedua negara, membentuk "air mengalir" yang menggerakkan kerja sama ekonomi dan perdagangan antara kedua negara, dan dengan demikian memastikan pembangunan proyek-proyek utama kedua negara seperti kereta api berkecepatan tinggi Jakarta-Bandung.

Terkait ekonomi dan perdagangan bilateral ke depan, Wang Liping (王立平) menegaskan bahwa Tiongkok dan Indonesia saling melengkapi dalam struktur ekonomi dan akan eksis dalam waktu yang lama.

Pada era pasca epidemi, Tiongkok akan tetap menjadi investor utama di Indonesia. Perekonomian Indonesia yang besar, keuntungan demografis yang jelas, sumber daya mineral dan laut yang kaya, lokasi geografis yang unik, dan transportasi yang nyaman akan membawa peluang investasi jangka panjang bagi perusahaan yang didanai oleh Tiongkok.

“Sebagai anggota Komite Penasihat Presiden Jokowi, sebagai Wakil Presiden Kamar Dagang dan Industri Indonesia dan Ketua Komite Tiongkok, saya sangat mengapresiasi kontribusi luar biasa yang diberikan oleh Wang Liping (王立平)! Terima kasih kepada Wang Liping (王立平) atas semua usahanya selama lima tahun terakhir!,” ujar Dato Sri Tahir. 

“Menyelam di lautan yang luas, terbang setinggi langit! Saya berharap Wang Liping (王立平) membuat prestasi baru di tempat barunya. Tetap dekat meski terpisah jarak ribuan mil! Partisipasi Wang Liping dalam persahabatan yang terjalin antara kalangan politik dan bisnis Indonesia dan saya tidak akan terputus karena kepergiannya dari jabatannya. Cinta sejati akan selalu ada di hati satu sama lain!” tambahnya, mengutip dari surat kabar berbahasa mandarin, 国际日报. (*)

Penulis : Isna Fauziah
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

Tan Siok Tjien, Istri Pendiri Gudang Garam, Wafat Usia 91 Tahun

 

logo clock 28-10-2020, 17:42
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Vaksin Covid-19 Sinovac Sudah Lulus Uji Klinis Fase 3

 

logo clock 28-10-2020, 17:36
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Usai ke China, Luhut Cerita: Kita Jadi Kayak Alien, Pakai Masker

 

logo clock 27-10-2020, 06:26
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Kemunculan Kapal China Bikin RI Siaga

 

logo clock 26-10-2020, 13:27
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Kompetisi Video Halo, @China! Menuju Tahap Pengumuman Pemenang

 

logo clock 26-10-2020, 08:46
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Viral