Baca dalam 3 menit

Festival Film Promosikan Pemahaman Budaya Sino-Jerman

SHARE ARTIKEL

Poster film pembuka, Undine, untuk Festival Sinema Jerman ke-8 di Tiongkok - Image from China Daily

Beijing, Bolong.id - Festival Sinema Jerman ke-8 di Tiongkok, yang diselenggarakan oleh German Films dan diselenggarakan bersama oleh Goethe Institute di Beijing dan Broadway Cinematheque, dibuka di Broadway Cinematheque MOMA di Beijing pada 13 November 2020.

Dilansir dari China Daily, bertujuan untuk menampilkan film Jerman baru terbaik tahun ini kepada penonton internasional, Festival Sinema Jerman merupakan kesempatan yang sangat baik untuk pertukaran budaya, terutama dalam konteks pandemi COVID-19.

Christian Petzold menyutradarai film pembuka, Undine, yang dibintangi oleh Paula Bell, yang memenangkan Berlinale Silver Bear sebagai aktris terbaik untuk perannya dalam film ini.

Para tamu berpose untuk foto bersama pada upacara pembukaan Festival Sinema Jerman di Beijing, pada 13 November 2020 - Image from China Daily

"Kami merasa sangat terhormat mempersembahkan film yang ditayangkan perdana dalam kompetisi utama Festival Film Berlin pada 2020," kata Simone Baumann, Direktur Pelaksana German Films. "Ini menggabungkan mitologi dan sejarah dengan kisah cinta yang menarik."

Clemens Treter, Direktur Goethe-Institut Beijing, mengatakan meskipun pandemi berdampak besar pada industri film global, niat awal diadakannya festival film ini tetap tidak berubah. “Kalaupun bioskop hanya bisa membuka tiga kursi, kami tetap akan gigih menyelenggarakan acara ini,” ujarnya.

Aktor Wang Xuebing, duta besar Tiongkok untuk Festival Sinema Jerman, berbicara pada upacara pembukaan di Broadway Cinematheque MOMA di Beijing, pada 13 November 2020. - Image from China Daily

Aktor Wang Xuebing adalah duta besar untuk Festival Sinema Jerman ke-8 di Tiongkok. Filmnya, Black Coal, Thin Ice, memenangkan Golden Bear di Festival Film Internasional Berlin ke-64.

“Ketika saya masih menjadi siswa di Central Academy of Drama, saya menonton hampir semua film yang pernah dibuat oleh Rainer Werner Fassbinder, Lili Marleen, Love is Colder than Death dan sebagainya. Melihat ke belakang, itu adalah masa ketika film Jerman adalah teman terdekat saya," Wang mengenang.

"Setiap tahun sejak edisi pertamanya pada 2013, Festival Sinema Jerman telah menayangkan banyak film baru tahun ini kepada penonton Tiongkok," katanya. "Menurut saya inilah arti penting diadakannya festival film ini, yaitu untuk memfasilitasi pemahaman budaya dan film antara kedua negara."

Festival Sinema Jerman tahun ini akan berlangsung hingga 22 November 2020. Untuk jadwal pemutaran atau tiket, kunjungi di sini. (*)

Terkait

culture

Festival Film Promosikan Pemahaman Budaya Sino-Jerma

  • Isna Fauziah
  • 17 Nov 2020
Logo follow bolong