Baca dalam 3 menit

'Festival Seni Publik Danau Peri' Promosi Budaya Tradisional China Lewat Dongeng Kuno

SHARE ARTIKEL

Instalasi seni di Festival Seni Publk Danau Peri Pertama - Image from GT

Jiangxi, Bolong.id - Sebuah festival seni publik, diluncurkan pada musim panas 2020 di Kota Xinyu, Provinsi Jiangxi Tiongkok Timur, bertujuan untuk mempromosikan kombinasi budaya baru Festival Qixi Tiongkok tradisional dengan seni publik melalui meninjau dongeng Tiongkok kuno, Tujuh Peri (Seven Fairies).

Dikenal sebagai kota asal dari kisah kuno Tujuh Peri yang populer, Xinyu adalah kota yang juga terkenal dengan industri bajanya serta hubungan budayanya dengan Festival Qixi Tiongkok tradisional.

Festival Seni Publik Danau Peri (The First Fairy Lake Public Art Festival) Pertama diluncurkan di Danau Peri Xinyu, yang menyediakan pemandangan lanskap sekitarnya yang indah. Festival ini bertujuan untuk memasukkan unsur budaya dan seni ke dalam "kota baja" ini. Festival ini menampilkan instalasi seni luar ruangan besar dan pahatan yang berfokus pada tema seperti "mencari jejak peri" dan "harapan berwarna pelangi".

Instalasi seni di Festival Seni Publik Danau Peri Pertama - Image from GT

Sun Yue, kurator festival seni publik, mengatakan bahwa instalasi seni berskala besar di festival tersebut adalah representasi yang bagus dari budaya Qixi. Sun mencatat, instalasi semacam itu berbeda dari pameran seni pedesaan dan festival seni luar ruangan sebelumnya karena tidak hanya presentasi yang sempurna, tetapi juga didedikasikan untuk menyampaikan "makna" budaya Qixi kepada publik.

Jatuh pada hari ketujuh bulan ketujuh dalam kalender Tiongkok, Festival Qixi adalah festival tradisional paling romantis di Tiongkok, oleh karena itu juga dikenal sebagai Hari Valentine Tiongkok.

Dilansir dari Global Times, festival seni publik dijadwalkan berakhir pada 25 Agustus 2021. (*)

Terkait

culture

'Festival Seni Publik Danau Peri' Promosi Budaya Tra

  • Isna Fauziah
  • 11 Nov 2020
Logo follow bolong