Baca dalam 3 menit

Unesco Tetapkan 2 Situs Tiongkok Jadi Geopark Dunia

Waktu Publish : 10 Jul 2020, 20:41 WIB
SHARE ARTIKEL

Hutan Batu Merah di Taman Geologi Xiangxi Tiongkok - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id - Biro Kehutanan dan Padang Rumput Nasional pada Rabu (8/7/2020) mengatakan, dua taman geologi nasional Tiongkok: Xiangxi dan Zhangye, resmi ditetapkan sebagai taman geologi dunia oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO).

Dua geopark ini diresmikan selama sesi ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO dari 29 Juni hingga 10 Juli 2020 di Paris, Prancis. Dalam sesi tersebut, sebanyak 15 situs geopark dari seluruh dunia akan bergabung dalam jaringan taman geologi dunia UNESCO.

Dilansir dari CGTN, sejauh ini, Tiongkok memiliki 41 taman geologi dunia yang ditetapkan oleh UNESCO, yang merupakan seperempat dari total 161 taman geologi di seluruh dunia.

Dua situs taman geologi Tiongkok yang terpilih dalam jaringan taman geologi dunia UNESCO, yaitu Taman Geologi Xiangxi terletak di pedalaman Pegunungan Wuling di Xiangxi Tujia dan Daerah Otonomi Miao, Provinsi Hunan. Sementara Taman Geologi Zhangye terletak di barat laut Provinsi Gansu.

Taman Geologi Xiangxi ditandai dengan medan bergelombang dan sayatan yang intens. Ada sekitar 82 jenis batu yang tersebar di kawasan situs itu, didominasi oleh batuan sedimen, yang membentuk lanskap utama situs, yaitu hutan batu merah, Dehang Grand Canyon, dan Ngarai Zuolong.

Kawasan situs Xiangxi Geopark juga merupakan rumah bagi total populasi 296.000 jiwa, yang diantaranya lebih dari 80 persen adalah etnis minoritas, terutama orang Tujia dan Miao.

Taman Geologi Zhangye dianggap sebagai gunung pelangi Tiongkok, karena terkenal dengan tebing merahnya dalam berbagai bentuk dan bubungan dengan warna berbeda membentuk seperti pelangi. Lanskap utama situs yang terkenal adalah bentang alam Danxia, ​​yang dianggap sebagai salah satu keajaiban geologis dunia.

Pasir merah yang disebabkan oleh pelapukan jangka panjang, pengupasan dan erosi air akhirnya membentuk puncak terisolasi dan tebing curam.

Warisan geologisnya yang langka, lanskap ekologis yang beragam, serta nilai-nilai budaya yang unik telah menjadikan Taman Geologi Zhangye sebagai mutiara yang cemerlang di sepanjang Jalur Sutra. (*)

Bentang Alam Danxia Taman Nasional Zhangye Tiongkok - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong