Baca dalam 2 menit

Kapal Penghancur Tiongkok Terbaru, Diam-diam Latihan di Titik Rahasia

Waktu Publish : 14 Jul 2020, 16:50 WIB
SHARE ARTIKEL

Kapal Perusak Rudal Zibo, Type 052DL - Image from : gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id - Di tengah meningkatnya ketegangan di Selat Taiwan dengan operasi militer Amerika Serikat (AS) yang semakin sering di kawasan tersebut, Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok atau People’s Liberation Army (PLA) baru-baru ini mengadakan latihan di Laut Tiongkok Timur. Kapal penghancur terbaru PLA Type 052D membuat penampilan publik pertamanya dalam latihan tersebut.

Dilansir dari PLA Daily, Minggu (12/7/2020), pada awal Juli, armada perusak yang berafiliasi dengan Angkatan Laut Komando Teater Timur PLA melakukan latihan di lokasi yang dirahasiakan di Laut Tiongkok Timur. Subjek pelatihan termasuk pertahanan udara dan rudal, serangan terhadap kapal, dan operasi anti-kapal selam. Latihan tersebut dipandu oleh kapal perusak rudal Zibo yang memiliki nomor lambung 156, di antara beberapa kapal perang lainnya.

Setelah memasuki dinas militer pada 12 Januari, Zibo adalah kapal pertama PLA dari versi yang lebih baik dari perusak Type 052D yang dijuluki dengan Type 052DL.

Dibandingkan dengan Type 052D yang sebelumnya, Type 052DL memiliki dek helikopter yang lebih panjang dan dilengkapi dengan radar gelombang jarak jauh pada tiang belakangnya. Kemajuan ini memungkinkan kapal perusak tersebut untuk mengangkut Helikopter Z-20 yang paling canggih dan melawan pesawat tempur siluman milik musuh.

Latihan ini dilakukan pada saat ketegangan meningkat di Selat Taiwan karena AS tidak hanya menyetujui penjualan senjata baru ke Taiwan pada hari Kamis (9/7/2020) lalu, namun juga mengirim kapal perusak ke perairan utara pulau Taiwan dan melakukan pengintaian jarak dekat pada daratan Tiongkok pada hari Jumat (10/7/2020), dilansir dari Global Times. (*)


Terkait

news

HUT PLA Ke-93 Tandai Kerjasama Tiongkok-Indonesia Lawan Pand...

  • Yohana Intan
  • 30 Jul 2020

news

Tiongkok Merekrut Lebih Banyak Bintara Lulusan Perguruan Tin...

  • Isna Fauziah
  • 28 Jul 2020

news

Bukan Karena Manusia atau Teknis, Faktor Alam Jadi Sebab Kec...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 09 Jul 2020

news

Tiongkok Tolak Kritik AS Terhadap Latihan Militer di Laut Ti...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 05 Jul 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong