Kim Jong-Un Tolak Impor Masker dari China, Ternyata Begini Ceritanya...

logo clock 3 Menit logo clock 20-09-2020, 16:10

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Pyongyang, Bolong.id - Pandemi COVID-19 masih terus menghantui seluruh warga di seluruh dunia. Alat perlindungan diri menjadi komoditas yang paling dicari dan dibutuhkan oleh berbagai lapisan masyarakat global. Akan tetapi, secara mengejutkan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un menolak kiriman masker dari Tiongkok.

Kim Jong-un mencurigai masker-masker tersebut dibuat di Korea Selatan, sehingga masker tersebut ilegal untuk digunakan di Korea Utara. Hukum di Korea Utara memang menerapkan segala jenis barang yang dibuat di Korea Selatan atau negara Barat lainnya adalah barang ilegal.

Seorang pedagang dari Tiongkok yang tidak disebutkan namanya mengungkapkan bahwa masker tersebut disimpan di sebuah gudang di Korea Utara selama sebulan, sebelum akhirnya dikirimkan kembali ke Tiongkok.

“Pedagang Tiongkok menerima perintah dari perusahaan Korea Utara untuk mengirim masker berkualitas tinggi, meski sedikit lebih mahal. Oleh sebab itu dikirimlah 15.000 masker KF94, yang memiliki kualitas tinggi bahkan di Korea Selatan sekalipun,” ujarnya, dikutip dari Express, Minggu (20/9/2020).

“Anehnya, masker itu malah dikembalikan. Alasan perusahaan Korea Utara menolaknya adalah karena kecurigaan masker tersebut tidak berasal dari Tiongkok,” tambah mereka.

Penyelundupan barang dari Korea Selatan ke Korea Utara sebelumnya memang biasa terjadi. Biasanya, para pedagang berusaha menyembunyikan fakta bahwa barang tersebut berasal dari Korea Selatan dan mengatakan bahwa itu merupakan produk buatan Tiongkok. Sepertinya, hal itulah yang membuat pihak Korea Utara ragu jika ribuan masker tersebut benar-benar berasal dari Tiongkok.

“Tidak ada label atau logo yang menandakan mereka berasal dari Korea Selatan. Tetapi, pihak Korea Utara menuduh mereka sebagai buatan Korea Selatan karena bentuk dan kualitas yang berbeda dari masker Tiongkok,” ujarnya.

Di sisi lain, pedagang itu pun mengakui bahwa masker yang dikirim benar-benar buatan Korea Selatan. Menurutnya, hal itu dilakukan karena permintaan pihak Korea Utara yang menginginkan kualitas masker terbaik, meski dengan harga mahal. (*)

Penulis : Aisyah Hidayatullah
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

Laut China Selatan Memanas, Jepang - Vietnam Sepakati Kerjasama Militer

 

logo clock 21-10-2020, 13:04
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Pembaruan Perjanjian Uskup Cerminkan Hubungan Sehat China-Vatikan

 

logo clock 21-10-2020, 13:01
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Kemenlu Tiongkok Warning India Hati-hati tentang Masalah Taiwan

 

logo clock 21-10-2020, 12:57
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Ini Bakal Jadi Bukti Pembicaraan antara China dan India Berjalan Baik

 

logo clock 21-10-2020, 11:44
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Ini Dia Hasil Investigasi Xinjiang oleh Pakar China

 

logo clock 21-10-2020, 11:40
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Viral