Mulan 2020: Bagaimana Orang Tiongkok Kuno Menikah?

logo clock 3 Menit logo clock 16-09-2020, 10:01

Mulan 2020: Bagaimana Orang Tiongkok Kuno Menikah? - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Jakarta, Bolong.id - Pada film live action Mulan 2020, terdapat adegan di mana Mulan mengikuti instruksi oleh mak comblang untuk dapat menikah. Lalu, sebenarnya bagaimana masyarakat Tiongkok kuno menikah?

Pada zaman feodal Tiongkok, pernikahan diatur oleh orang tua, bukan atas kemauan sendiri. Menjadi mak comblang adalah sebuah pekerjaan bagi wanita yang layak dan memainkan peran penting dalam masalah pernikahan keluarga. Tanggung jawab seorang mak comblang adalah menemukan pasangan yang cocok dan untuk memetakan tanggal-tanggal yang baik untuk upacara pernikahan.

Latar belakang keluarga, kekayaan, lambang zodiak, dan tanggal lahir adalah elemen penting yang dipertimbangkan untuk menentukan pasangan. Ketika orang tua anak laki-laki memiliki kandidat calon pengantin, mereka akan mengirim mak comblang kepada orang tua pihak perempuan untuk menyampaikan niat dan mendapatkan persetujuan orang tuanya serta meminta tanggal dan waktu perempuan tersebut dilahirkan.

Keluarga mempelai pria akan menempatkan sebuah catatan dengan detail kelahiran gadis tersebut di altar leluhur mereka selama tiga hari. Jika tidak ada hal buruk yang terjadi, seperti pertengkaran antara keluarga atau kehilangan harta benda, orang tua akan menganggap ini sebagai tanda bahwa pernikahan tersebut disukai oleh nenek moyang mereka dan akan memberikan detail kelahiran anak laki-laki tersebut kepada mak comblang untuk diberikan kepada pihak keluarga gadis tersebut. Pihak pengantin perempuan juga melalui proses yang sama.

Hanya setelah kedua hasil menguntungkan barulah kedua keluarga mengatur agar anak laki-laki dan perempuan tersebut bertemu satu sama lain.


Definisi Istri yang Baik pada Masa Feodal Tiongkok

“Tenang, sabar, anggun, disiplin... ini adalah kualitas yang kita lihat dalam diri istri yang baik. Ini adalah kualitas yang kami lihat di Mulan." Hal tersebut diungkapkan sang mak comblang dalam teaser resmi Mulan 2020 yang dirilis Disney.

Pada zaman itu, perempuan harus memenuhi standar moral masyarakat Tiongkok kuno: “seorang gadis harus mematuhi ayahnya, seorang istri harus mematuhi suaminya, dan seorang janda harus fokus pada membesarkan anak-anaknya.”

Pengertian wanita yang baik adalah memiliki kebajikan yang baik, sopan santun ketika berbicara, anggun dalam penampilan, dan pandai mengatur urusan rumah tangga. Inilah kualitas yang dicari pria dalam menjadi calon istri yang baik di zaman feodal Tiongkok.

Penulis : Aisyah Hidayatullah
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

8 Legenda Hua Mulan (Pernah Akan Dijadikan Selir, Lho!)

 

logo clock 27-10-2020, 11:04
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Pameran Rayakan Weiqi dan Pertukaran Sino-Jepang

 

logo clock 27-10-2020, 10:50
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Film Perang Klasik China dalam Versi 4K

 

logo clock 27-10-2020, 10:46
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

7 Fakta Fujian Tulou, Destinasi Wisata Sejarah ala Suku Hakka di China

 

logo clock 27-10-2020, 10:40
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Sebutan Negara di Asia dalam Bahasa Mandarin, Sudah Tahu?

 

logo clock 27-10-2020, 10:27
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Viral