Orang India yang Hilang di Wilayah Tibet adalah Anggota Intelijen?

logo clock 2 Menit logo clock 12-09-2020, 16:00

Orang India yang Hilang di Wilayah Tibet adalah Anggota Intelijen - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Lhasa, Bolong.id - Lima orang India yang diduga diculik oleh Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok atau yang disebut hilang di wilayah selatan Tibet, diklaim sebagai staf badan intelijen India yang menyamar sebagai pemburu.

Mengingat sensitifnya situasi saat ini, seorang narasumber yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan bahwa kelima “pemburu” asal India tersebut baru-baru ini melewati perbatasan Tiongkok-India dan memasuki prefektur Shannan di Tibet, mereka sebenarnya merupakan staf intelijen India, dilansir dari laman Global Times, Sabtu (11/9/2020).

Narasumber tersebut juga menyebutkan bahwa pihak India sering mengirimkan staf intelijennya melalui jalur ini untuk mengumpulkan data intelijen Tiongkok dan hal tersebut merupakan cara India untuk melewati perbatasan yang diawasi oleh Tiongkok. “Pihak Tiongkok telah menahan, memperingatkan, dan mendidik kelima orang yang akan segera dibebaskan tersebut,” kata sumber itu.

Tiongkok dan India memiliki perbatasan yang sangat panjang dan terdapat wilayah dengan bentangan luas yang tidak dijaga oleh tentara di kedua belah pihak. Dalam beberapa tahun terakhir, India telah melakukan pendekatan agresif di wilayah perbatasan Tiongkok-India, sehingga menjadi tantangan bagi Tiongkok untuk memperkuat kontrol perbatasannya.

Meski keduanya terus mengadakan konsensus dalam masalah sengketa perbatasan, namun bentrokan kecil masih terus terjadi di garis depan perbatasan wilayah kedua negara.

Penulis : Aisyah Hidayatullah
Editor : Nurul Diah

Terkait

Hakim AS Tidak Setuju Hapus WeChat dari Toko Aplikasi

 

logo clock 24-10-2020, 13:13
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Inggris Langgar Komitmen Terkait Paspor BNO, China Tak Akan Tinggal Diam

 

logo clock 24-10-2020, 12:17
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

China Perkuat Kerjasama dengan Bangladesh dan Maroko Pasca Pandemi

 

logo clock 24-10-2020, 11:41
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Donald Trump Bilang Vaksin COVID-19 Sudah Siap, Ini Faktanya

 

logo clock 24-10-2020, 07:07
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Mengharukan, Putri Pahlawan Perang Ini Akhirnya Temukan Makam Sang Ayah

 

logo clock 23-10-2020, 16:33
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Viral