Baca dalam 3 menit

Pejabat AS Kunjungi Taiwan, Tiongkok Mulai Latihan Militer di Sana

Waktu Publish : 18 Sep 2020, 12:39 WIB
SHARE ARTIKEL

Pejabat AS Kunjungi Taiwan, Tiongkok Mulai Latihan Militer - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id - Tiongkok memulai latihan tempur di dekat Selat Taiwan pada hari Jumat (18/9/2020), hari yang sama ketika seorang pejabat senior Amerika Serikat (AS) memulai pertemuan tingkat tinggi di Taipei, Taiwan.

Beijing terus menyaksikan hubungan yang semakin dekat antara Taipei dan Washington, pihaknya kemudian telah meningkatkan latihan militer di dekat pulau itu, termasuk dua hari latihan udara dan laut massal pada pekan lalu, dilansir dari Reuters, Jumat (18/9/2020).

Juru bicara Kementerian Pertahanan Tiongkok Ren Guoqiang (任国强) mengatakan bahwa latihan yang dilakukan pada hari Jumat (18/9/2020) berlangsung di dekat Selat Taiwan dan melibatkan komando teater timur Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok, tanpa memberikan detail lebih lanjut.

"Itu adalah tindakan yang wajar dan diperlukan, ditujukan pada situasi saat ini di Selat Taiwan dan melindungi kedaulatan nasional dan integritas teritorial," ujar Ren. “Taiwan adalah murni urusan internal Tiongkok yang tidak melibatkan campur tangan asing,” tambahnya.

“Baru-baru ini, otoritas Amerika Serikat dan Partai Progresif Demokratik meningkatkan kolusi mereka, seringkali menimbulkan gangguan,” kata Ren, merujuk pada partai yang berkuasa di Taiwan.

Ren juga mengatakan bahwa mencoba menggunakan Taiwan untuk mengontrol Tiongkok atau mengandalkan orang asing untuk membangun diri sendiri adalah angan-angan, dan pasti akan menemui jalan buntu.

“Mereka yang bermain api akan terbakar,” tegasnya.

Pengumuman Tiongkok tersebut datang ketika Wakil Menteri Urusan Ekonomi AS Keith Krach memulai hari pertama kunjungannya ke Taiwan dengan cara yang sederhana, tanpa ada acara media terbuka dalam agendanya.

Krach dijadwalkan bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen (蔡英文) pada hari Jumat (18/9/2020), dan pada hari Sabtu (19/9/2020) akan menghadiri upacara peringatan mendiang Presiden Lee Teng-hui (李登辉).

Tiongkok telah mengancam untuk membuat "tanggapan yang diperlukan" atas perjalanan tersebut, yang telah membuat hubungan antara Beijing dan Washington semakin memburuk. Jet tempur Tiongkok sempat melintasi garis tengah Selat Taiwan pada bulan Agustus lalu ketika Menteri Kesehatan AS Alex Azar berada di Taipei. Pada pekan lalu, Tiongkok juga telah melakukan latihan militer skala besar selama dua hari di lepas pantai barat daya Taiwan.

Amerika Serikat, seperti kebanyakan negara lainnya, hanya memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Tiongkok, bukan Taiwan, meskipun merupakan pemasok senjata utama dan pendukung internasional terpenting Taiwan.

Terkait

technology

China Tingkatkan Layanan IP untuk Pengembangan Berkualitas T...

  • Lupita
  • 10 May 2021

culture

Sekilas Tentang Marga Wēn (温) dan Tokoh Penyandangnya

  • Lupita
  • 09 May 2021

technology

Otoritas China Janji Sigap dalam Menanggapi Potensi Bencana

  • Lupita
  • 09 May 2021

news

China : Pertemuan Negara PBB Hanya Campuri Masalah Dalam Neg...

  • Lupita
  • 09 May 2021

health

Ini Lho Efek Olahraga Terhadap Anti-Penuaan

  • Lupita
  • 09 May 2021

news

Tiongkok Kecam Sidang Kongres AS Mengenai HAM di Xinjiang

  • Lupita
  • 09 May 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong