Lama Baca 4 Menit

Eksplorasi Laut Bohai Hasilkan Ladang Minyak Metamorf Terbesar di Dunia

27 February 2024, 16:42 WIB

Eksplorasi Laut Bohai Hasilkan Ladang Minyak Metamorf Terbesar di Dunia-Image-1
potret eksplorasi minyak di laut lepas.

Beijing, Bolong.id - Eksplorasi minyak dan gas dalam-dalam Tiongkok di Laut Bohai kembali mendapat penemuan baru. 

Dilansir dari 和平日报 Senin (26/02/24), CNOOC mengumumkan pada tanggal 25 bahwa kapasitas produksi sumur pengeboran baru di ladang minyak Bozhong 26-6, ladang minyak berkapasitas 100 juta ton, mencapai titik tertinggi baru.

Ini menambah lebih dari 40 juta meter kubik cadangan minyak dan gas terbukti mendorong cadangan kumulatif ladang minyak melebihi 200 juta meter kubik dan menjadi ladang minyak metamorf terbesar di dunia.

Ladang minyak Bozhong 26-6 terletak di perairan selatan Laut Bohai, sekitar 170 kilometer dari Kota Tianjin, dengan kedalaman air rata-rata 22,1 meter.Sejak ditemukan pada tahun 2023, pihaknya terus melakukan eksplorasi dan pengeboran berbagai evaluasi.

Diantaranya, Sumur Bozhong 26-2 Utara 2 menemukan lapisan minyak dan gas sepanjang 118 meter, dan menguji rata-rata produksi minyak harian lebih dari 390 meter kubik dan produksi gas harian lebih dari 50.000 meter kubik, yang merupakan rekor pengujian tertinggi. 

Menurut laporan, berdasarkan perhitungan pemulihan normal, Ladang Minyak Bozhong 26-6 dapat mengekstraksi lebih dari 30 juta meter kubik minyak mentah.

Setelah disuling menjadi bensin, dapat memenuhi kebutuhan transportasi sehari-hari warga perkotaan yang berpenduduk satu juta jiwa. selama lebih dari 20 tahun, sekaligus dapat mengekstraksi lebih dari 110 juta meter kubik gas alam, miliar meter kubik, yang dapat memenuhi kebutuhan gas rumah tangga penduduk perkotaan dengan jumlah penduduk satu juta selama lebih dari 60 tahun, dan mempunyai manfaat sosial dan ekonomi yang besar.

Reservoir ladang minyak Bozhong 26-6 terkubur di perbukitan terkubur sedalam ribuan meter di dasar laut, sebagian besar terdiri dari batuan metamorf, dan terletak di daerah di mana sesar komposit extension-strike-slip terus aktif dengan kuat.

Teori tradisional percaya bahwa karena aktivitas patahan yang kuat dan terus menerus di daerah ini, reservoir minyak dan gas dalam mudah hancur dan sulit untuk membentuk akumulasi minyak dan gas skala besar.

Sebelumnya, lebih dari 80 sumur dalam dibor oleh banyak sumur- perusahaan minyak asing yang terkenal belum melakukan penemuan skala besar.

Peneliti ilmiah CNOOC melakukan penelitian ilmiah dan teknologi, menginovasi teori eksplorasi minyak dan gas, secara mandiri mengembangkan teknologi eksplorasi seismik serba frekuensi ultra-rendah, menaklukkan pencitraan seismik dalam dari zona patahan yang kompleks, dan mempromosikan perluasan medan perang utama eksplorasi Laut Bohai dari yang dangkal ke yang dalam, dan dari perbukitan yang terkubur ke perbukitan yang tersembunyi. 

Hal ini juga memandu penemuan ladang minyak bernilai miliaran ton seperti ladang minyak Bozhong 26-6.

Xu Changgui, wakil kepala insinyur Eksplorasi CNOOC, mengatakan bahwa terobosan ini semakin mengkonsolidasikan landasan material untuk meningkatkan cadangan dan produksi di Ladang Minyak Bohai, dan memberikan cadangan teoritis dan teknis yang kuat untuk eksplorasi dan pengembangan industri minyak lepas pantai Tiongkok untuk berkembang menjadi mendalam dan kompleks.(*)

 

 

Informasi Seputar Tiongkok.