Tiongkok: Kami Tidak Pernah Ikut Campur Urusan Internal AS

logo clock 2 Menit logo clock 12-09-2020, 13:56

Menteri Luar Negeri Tiongkok, Zhao Lijian - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Moskow, Bolong.id - Tiongkok tidak pernah mencampuri urusan dalam negeri Amerika Serikat, Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi (王毅) mengatakan pada hari Jumat (11/9/2020) saat konferensi pers setelah melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

“Tiongkok tidak pernah ikut campur dalam urusan internal negara lain dan tentu saja, tidak pernah ikut campur dalam urusan internal Amerika Serikat,” ungkap Wang, seraya menambahkan bahwa itu adalah tradisi diplomatik Tiongkok dan juga cara Tiongkok menangani berbagai urusan, termasuki prinsip dasar hubungan internasional, dilansir dari ecns.cn, Sabtu (12/9/2020).

Di sisi lain, Wang juga menambahkan bahwa sekarang saatnya Tiongkok meminta Amerika Serikat untuk tidak mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok.

“Kongres Rakyat Nasional, badan legislatif tertinggi Tiongkok, tidak pernah membahas atau memperkenalkan RUU tentang urusan dalam negeri Amerika Serikat, tetapi Kongres AS terus-menerus mengeluarkan rancangan undang-undang tentang urusan dalam negeri Tiongkok,” tambah Wang Yi (王毅). AS memang telah beberapa kali mengeluarkan sanksi kepada pejabat dan individu terkait masalah Undang-Undang Keamanan Nasional baru untuk Hong Kong dan masalah dugaan pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang. 

“Amerika Serikat telah melangkah terlalu jauh… beberapa orang di Amerika Serikat harus mengelola urusan mereka sendiri terlebih dahulu, mematuhi norma hubungan internasional, dan berhenti mencampuri urusan dalam negeri negara lain,” pungkas Wang.

Penulis : Aisyah Hidayatullah
Editor : Nurul Diah

Terkait

5 Fakta Tentang Dual Circulation, Konsep Ekonomi Baru China

 

logo clock 30-10-2020, 21:30
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Hari Kota Dunia 2020 Fokus pada Kerja Komunitas

 

logo clock 30-10-2020, 14:12
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Kedubes China di Makedonia Utara Sumbang Tablet untuk Pelajar

 

logo clock 30-10-2020, 14:03
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

WHO: Pandemi COVID-19 Masih Jauh dari Selesai

 

logo clock 30-10-2020, 14:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Sistem Ekonomi China Lebih Terbuka, Lima Tahun ke Depan

 

logo clock 30-10-2020, 12:58
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral