Inilah Tips Atur Keuangan Saat Pandemi

logo clock 2 Menit logo clock 06-10-2020, 16:31

Sobat Milenial, Tips Ini Bantu Kamu Atur Keuangan Saat Pande - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Jakarta, Bolong.id - Tujuh bulan berlalu sejak COVID-19 pertama kali diidentifikasi di Indonesia, dan pandemi ini masih belum usai. Kalian para generasi milenial harus mampu mengelola keuangan dengan baik. Pengelolaan keuangan yang baik akan berdampak baik pula dalam menghadapi masa sulit ini.

Misalnya dengan tersedianya dana darurat. Jika terjadi hal-hal yang tidak terduga, maka dana darurat akan membantu membuat kondisi keuangan tetap aman dan tidak perlu melakukan penjualan aset.

Lalu, bagaimana caranya agar keuangan tetap aman saat pandemi?

Dalam mengatur keuangan setiap bulan, dibutuhkan kemampuan untuk menyimpan atau menginvestasikan uang. Mengatur keuangan juga harus sesuai kemampuan diri sendiri, untuk menabung berapa, dan untuk biaya hidup berapa. Setiap bulan, tabungan harus disisihkan di awal, kemudian sisanya baru digunakan untuk biaya hidup atau biaya hiburan.

Langkah berhemat atau menabung di awal bukanlah mengajarkan untuk pelit terhadap diri sendiri. Namun, hal ini dilakukan supaya uang yang didapatkan setiap bulannya tidak menguap begitu saja tanpa ada tabungan yang bisa digunakan di kemudian hari. Pola menabung seperti ini sangat dibutuhkan di masa pandemi yang diliputi ketidakpastian.

Selain itu, bedakan yang mana kebutuhan dan yang mana keinginan. Meminimalisir perilaku konsumtif barang-barang yang tidak dibutuhkan dengan sebisa mungkin membedakan mana kebutuhan yang harus terpenuhi dan mana keinginan yang ingin didapatkan. Mempertimbangkan segala akibat finansial yang akan diterima setelah pembelian barang dan manfaat dari barang tersebut, akan membantu dalam pengkategorian ini.

Penulis : Aisyah Hidayatullah
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Selama Pandemi COVID-19, Taipan Internet China Makin Kaya?

 

logo clock 21-10-2020, 17:23
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

China Keluarkan UU Ekspor, Balasan untuk AS?

 

logo clock 21-10-2020, 12:52
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Pingin Mulai Bisnis Online? Ikuti Tips Ini

 

logo clock 21-10-2020, 11:36
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Kapas Australia Kena Dampak Ketegangan Perdagangan dengan China

 

logo clock 21-10-2020, 11:33
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Masa Pandemi Susah Uang, Ini 7 Tips Berhemat!

 

logo clock 21-10-2020, 11:19
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Viral