Baca dalam 3 menit

Kemenlu China Tegur Politisi dan Media Asing Terkait Tuduhan Xinjiang

Waktu Publish : 24 Feb 2021, 10:34 WIB
Sumber : CGTN
SHARE ARTIKEL


Juru bicara Tiongkok - Image from CGTN

Beijing, Bolong.id - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok menegur oknum politisi dan media asing karena melakukan tuduhan "genosida" dan "kerja paksa" di Xinjiang.

Wakil Direktur Departemen Penerangan Kementerian Luar Negeri Cina, Wang Wenbin membuat pernyataan pada konferensi pers sebagai tanggapan atas komentar yang dibuat oleh beberapa politisi Kanada, Inggris dan Turki tentang urusan Xinjiang.

House of Commons Kanada mengeluarkan mosi pada hari Senin yang mengatakan perlakuan Tiongkok terhadap minoritas Muslim Uygur di wilayah Xinjiang merupakan "genosida." Sementara juru bicara Tiongkok mengatakan, bahwa Tiongkok telah mengajukan pernyataan tegas dengan pihak Kanada.

Wang menegaskan kembali bahwa sifat dari masalah terkait Xinjiang adalah tentang memerangi terorisme kekerasan dan ekstremisme.

Dia mencatat populasi Uygur di Xinjiang naik dari 10,17 juta menjadi 12,72 juta dari 2010 hingga 2018 dan Xinjiang menikmati stabilitas sosial dan perkembangan yang baik setelah empat tahun tanpa kasus teroris.

"Fakta-fakta dasar ini menunjukkan bahwa tidak pernah ada yang disebut genosida," kata Wang, dilansir dari CGTN, Selasa (23/2/2021).

Ia menambahkan bahwa apa yang disebut "genosida" di Xinjiang adalah tuduhan yang sepenuhnya salah dan lelucon jahat yang dibuat-buat dan dihebohkan oleh pasukan anti-China tertentu, bertujuan untuk mencoreng nama Tiongkok.

Dia juga mengatakan Tiongkok mengutuk keras politisasi Olimpiade oleh parlemen Kanada, mendesak untuk mengakhiri prasangka.

Juru bicara tersebut menunjukkan bahwa mayoritas anggota parlemen Kanada yang mendukung mosi di atas tidak pernah ke Xinjiang atau bahkan ke Tiongkok.

"Mereka telah terlibat dalam manipulasi politik pada masalah terkait Xinjiang dengan dalih hak asasi manusia." ujar Wang.

Wang mendesak para politisi ini untuk menghormati fakta dan tidak menempatkan pertempuran politik dalam negeri atau bahkan kepentingan egois satu pihak di atas situasi umum hubungan Tiongkok-Kanada.

Memperhatikan bahwa urusan Xinjiang adalah urusan dalam negeri Tiongkok tidak memungkinkan adanya campur tangan pihak Kanada, Wang mengatakan Tiongkok akan dengan tegas mempertahankan kedaulatan, keamanan, dan kepentingan pembangunannya dan akan mengambil tanggapan yang tegas dan kuat terhadap tindakan yang merugikan kepentingan Tiongkok.

BACA JUGA

Terkait

news

Tidak Tanggung-tanggung, Untuk Promosi Wisata, Xinjiang Siap...

  • Nabila Caya
  • 27 Apr 2020

news

Hari Buruh: Beijing dan Xinjiang Terima Lebih dari 4 Juta Wi...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 06 May 2020

news

Proyek Pengentasan Kemiskinan di Xinjiang Terhadap Akses Air...

  • Olivia Dian
  • 22 May 2020

news

Apa yang Sebenarnya Terjadi di Xinjiang?

  • Nabila Caya
  • 23 May 2020

news

Yuk, Simak Perayaan Idul Fitri di Xinjiang

  • Aisyah Hidayatullah
  • 25 May 2020

news

Suku Uygur Katanya Dilarang Berpuasa Saat Bulan Ramadan, Pem...

  • Nabila Caya
  • 02 Jun 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong