Baca dalam 3 menit

Hadiah Sentimental Bagi Para Lulusan 2020 di Tiongkok

Waktu Publish : 13 Jul 2020, 11:57 WIB
SHARE ARTIKEL

Lulusan BA CAFA - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id – Musim kelulusan telah tiba, namun tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Akibat wabah COVID-19, lulusan tahun ini tidak bisa menikmati bulan-bulan terakhir di sekolah atau kampus seperti biasanya dan sebagian besar dari mereka merayakan upacara kelulusan secara daring.

Lulusan Pascasarjana dan Phd CAFA - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Melansir CGTN News, di salah satu universitas di Tiongkok seperti Central Academy of Fine Arts (CAFA; 中央美术学院), pihak kampus mengirim bahan bermotif kotak-kotak dengan gaun abu-abu perak yang memberikan sentuhan budaya tradisional Tiongkok untuk jubah kelulusan. Warna kerah dipilih sesuai dengan gelar akademik: oranye untuk sarjana, biru untuk pascasarjana dan merah untuk mahasiswa PhD. Selain jubah kelulusan, budaya tradisional Tiongkok juga terdapat dalam hadiah-hadiah yang diberikan di Shaanxi Normal University (SNNU; 陕西师范大学) yang menyiapkan desain hadiah yang terbuat dari kayu cendana, sementara Northwest University (NWU; 西北大学) menyiapkan desain hadiah yang terbuat dari batu giok kepada siswa mereka dengan ukiran nama masing-masing lulusan di hadiah kenang-kenangan tersebut.

Hadiah Kenang-kenangan dari SUST - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Hadiah Kenang-Kenangan dari SNNU dan NWU - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Lain halnya di China University of Geosciences (CUG; 中国地质大学(武汉)) , tiap lulusan menerima cincin perak lapis platinum dan batu pertama dengan jenis yang disesuaikan dengan gelar akademik. Untuk mahasiswa dengan gelar BA (sarjana) mendapat cincin kristal, lulusan MA (pascasarjana) mendapat cincin safir dan berlian untuk kandidat postdoctoral. Tiap cincin pun diukir nama masing-masing lulusan.

Hadiah Kenang-Kenangan dari XJTU - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Hadiah Kenang-Kenangan CUG dan UESTC - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Meski tidak semewah cincin, hadiah kelulusan dari Universitas Sains dan Teknologi Elektronik (UESTC; 电子科技大学) sama berharganya. Tiap lulusan menerima gantungan kunci dengan chip yang mereka rancang sendiri di dalamnya. Universitas lain seperti Universitas Sains dan Teknologi Shaanxi (SUST; 陕西科技大学) merancang satu set pemegang pena dalam bentuk bangunan tenggara di kampus, perpustakaan dan gerbang universitas. Tak kalah, Universitas Xi'an Jiaotong (XJTU; 西安交通大学) mengirimkan miniatur kampus berbentuk patung kecil kepada tiap lulusan. (*)


Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong