Baca dalam 5 menit

Mau Cegah Penyakit Hati? Kurangi Konsumsi Empat Makanan Ini!

Waktu Publish : 19 Jul 2020, 16:03 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi Hati pada Tubuh - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id – Dilansir Tencent News, hati adalah organ penting dari tubuh manusia dan memainkan peran penting dalam pemeliharaan fungsi tubuh, pada saat yang sama, hati juga merupakan organ detoksifikasi terbesar.

Terlepas dari untuk menjaga kesehatan tubuh atau untuk memperpanjang hidup, kita harus memperhatikan kesehatan hati.

Sebagian besar cara pemeliharaan kesehatan hati adalah fokus pada diet sehat. Namun tahukah Anda, ada 4 makanan yang tidak baik untuk hati tapi disukai semua orang.

Jika Anda tidak mengubah dan mengurangi konsumsi 4 makanan ini sesegera mungkin, cepat atau lambat peyakit akan muncul.

1. Anggur (Alkohol)

Anggur (Alkohol) - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Setelah manusia mengonsumi alkohol, 90% dari alkohol yang dikonsumsi akan dimetabolisme oleh hati. Sebagian besar alkohol meningkatkan beban detoksifikasi hati. Semakin besar konsentrasi alkohol dan semakin besar jumlahnya, maka kemungkinan kerusakan hati semakin tinggi.

Hati membutuhkan berbagai enzim dan vitamin untuk menguraikan alkohol. Semakin banyak alkohol, semakin banyak enzim dan vitamin yang harus dikonsumsi.

Bagi orang-orang dengan kondisi hati yang buruk, alkohol akan dipecah menjadi asetaldehida, yang secara langsung dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sel-sel hati. Oleh karena itu, orang dengan fungsi hati yang buruk harus menahan diri dari minum alkohol.

2. Makanan berjamur

Roti Berjamur - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Makanan yang berjamur mengandung banyak bakteri, di antaranya aflatoksin dan karsinogen.

Aflatoksin dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sel-sel hati setelah memasuki tubuh manusia. Aflatoksin yang berlebihan dapat menyebabkan keracunan. Bahkan pada kasus yang parah dapat menyebabkan kematian atau kanker hati.

Makanan yang lebih rentan terhadap jamur adalah: roti kukus, nasi, kue, dan makanan lain yang diproses dari biji-bijian, seperti beras, kacang, dan jagung. Makanan ini harus dimakan sesegera mungkin dan disimpan di tempat yang sejuk, berventilasi baik, bersih, dan sanitasi.

Untuk mengetahui apakah makanan berjamur atau tidak, dapat dibedakan dari warna dan bau. Jika makanan Anda berjamur, segera buang dan jangan coba memakannya meskipun pada bagian yang tidak berjamur.

3. Makanan Tinggi Lemak

Burger, Kentang Goreng, Donat, Pizza Memiliki Lemak Tinggi - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tubuh manusia membutuhkan lemak yang tepat untuk mempertahankan suhu tubuh normal. Namun, asupan lemak yang berlebihan akan menambah beban pada hati, dan kerusakan hati akan muncul seiring waktu.

Mengonsumsi makanan dengan kalori tinggi, nutrisi tunggal dan banyak mengandung pati dan lemak, jika dikonsumsi dalam jangka panjang sangat berbahaya bagi hati dan tidak memiliki manfaat apa pun.

4. Makanan Tinggi Gula

Coklat Mengandung banyak Gula - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Mengonsumsi terlalu banyak makanan tinggi gula dapat dengan mudah mengubah gula menjadi lemak dan menumpuk di hati, membentuk hati berlemak. Pada tingkatan serius dapat merusak kesehatan hati.

Selain itu, terlalu banyak gula juga bisa merangsang lambung untuk mengeluarkan terlalu banyak asam lambung, yang membuat orang kehilangan nafsu makan juga menyebabkan kembung.

Makanan tinggi gula meliputi: coklat, donat, es krim, dan lainnya. Terlalu banyak makan gula tidaklah baik, karena menyebabkan kelebihan beban pada hati. Jadi makanlah sesedikit mungkin.

Menurut pendapat WHO, orang dewasa tidak boleh makan lebih dari 50 gram gula per hari, anak-anak tidak boleh makan lebih dari 20 gram gula per hari, anak-anak dengan berat badan di bawah 10 kg tidak boleh mengonsumsi gula lebih dari 10 gram.

Untuk melindungi kesehatan hati, Anda harus mengurangi konsumsi empat makanan di atas. Karena hati yang sehat dapat membantu kita mengeluarkan racun dari tubuh, mengurangi kemungkinan penyakit di berbagai organ, dan membuat tubuh kita lebih sehat.

Selain itu, Anda harus minum banyak air dan berolahraga untuk melancarkan sirkulasi darah dan membantu hati mengeluarkan racun. Juga pastikan tidur yang cukup agar hati dapat beristirahat dan memperbaiki kembali jaringannya. (*)

Terkait

health

Ini 10 Manfaat Tubuh Berkeringat

  • Yohana Intan
  • 20 Jul 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong