Baca dalam 3 menit

Kenali Penggunaan Selang Makanan

Waktu Publish : 10 Feb 2021, 13:10 WIB
SHARE ARTIKEL

Kepedulian Feeding Tube - Image from feedingtubeawarenessweek



Jakarta, Bolong.id - Selang pengasup makanan (tube feeding) alat menyalurkan nutrisi ke tubuh. Ini digunakan saat seseorang tidak bisa makan atau minum melalui mulut karena koma. Detilnya demikian:

Selang dapat dimasukkan melalui hidung atau melalui pembedahan melalui kulit di area perut Anda, dan kemudian langsung ke dalam perut atau usus kecil Anda.

Suatu bentuk nutrisi cair kemudian dimasukkan ke dalam tabung dan ke dalam tubuh Anda. Beberapa orang yang memiliki selang makanan berada di rumah sakit, tetapi kebanyakan berada di rumah dan menjalani kehidupan yang aktif.

Kondisi yang Memerlukan Selang Makanan (nasogastrik). Salah satu tujuan dilakukannya pemasangan selang nasogastrik adalah untuk pemberian nutrisi, yaitu pada:

-Pasien yang dalam kondisi koma
-Pasien yang mengalami penyempitan atau sumbatan saluran pencernaan
-Pasien yang menggunakan alat bantu pernapasan (ventilator)
-Bayi yang lahir prematur atau menderita kelainan bawaan lahir
-Pasien yang tidak mampu mengunyah atau menelan, misalnya penderita stroke atau disfagia

Terdapat tiga jenis utama selang makanan, yaitu:

1. Nasogastrik

Juga dikenal sebagai selang NG, Selang nasogastrik tipis dan dapat dengan mudah diturunkan dari hidung, melalui kerongkongan dan ke dalam perut, dan bisa ditarik keluar dengan mudah. Selang ini merupakan cara termudah dan terpercaya untuk memberi makan pasien yang memiliki kesulitan menelan di rumah sakit.

2. Gastric tubes

Juga dikenal sebagai selang G atau selang PEG, gastric tube adalah jenis permanen (tapi reversibel) dari selang makanan. Penempatan selang G memerlukan operasi kecil di mana selang G dimasukkan dari kulit perut langsung ke perut. Selang ini ditempatkan di dalam perut dengan kawat melingkar, yang biasa disebut “pigtail,” atau dengan balon udara kecil.

3. Jejunostomy tubes

Juga dikenal sebagai selang J atau selang PEJ, tube jejunostomy mirip dengan selang G tetapi ujungnya terletak di dalam usus kecil, sehingga melewati perut. Hal ini terutama diperuntukkan bagi orang-orang yang perutnya memiliki gangguan kemampuan untuk memindahkan makanan ke dalam usus karena motilitas yang buruk. Hal ini juga sering digunakan pada penderita penyakit gastro-esophageal reflux disease (GERD), dan pada mereka yang mengalami obesitas.

Ada juga jenis selang makanan lain dan selalu diberi nama berdasarkan penempatannya di dalam tubuh dan di mana ujungnya. Jenis tabung pengisi yang digunakan akan tergantung pada kebutuhan kondisi.

Saat Anda makan atau minum melalui mulut, makanan dicerna melalui mulut, kerongkongan (saluran yang menghubungkan mulut ke perut), lambung, usus kecil, usus besar, dan akhirnya keluar dari tubuh Anda. Pikirkan pemberian makan melalui selang sebagai jalan pintas pengiriman makanan! Ini melewati mulut dan kerongkongan, dan langsung menuju ke perut atau usus Anda! Dan karena mengambil jalan pintas, kami menggunakan nutrisi berbentuk cair agar lebih mudah dicerna oleh tubuh Anda.

Pasien Feeding Tube - Image from feedingtubeawarenessweek

Mengapa Anda harus peduli?

Pemberian makan tabung diperlukan di lebih dari 200 kondisi medis, yang berarti kemungkinan besar Anda akan melihatnya dalam hidup Anda, apakah itu seseorang yang dekat dengan Anda, atau orang asing yang akan Anda temui.

Penting bagi kita untuk memahami apa itu selang makanan, dan itu sama seperti perangkat medis lainnya dalam hal membantu orang melakukan apa yang tidak dapat mereka lakukan sendiri, dengan tujuan akhir membantu orang mendapatkan nutrisi dan hidrasi yang mereka butuhkan untuk berkembang.

Feeding tube dapat terlihat dan terdengar menakutkan pada awalnya, terutama bagi orang yang membutuhkannya. Ada juga banyak tantangan yang menyertai hidup dengan selang makanan, dan beberapa orang mungkin membutuhkannya seumur hidup. Penting bagi orang-orang di sekitar mereka untuk memahami apa itu dan memberikan dukungan yang mereka butuhkan, dan memberi tahu mereka bahwa mereka tidak sendiri.

Kepedulian terhadap Feeding Tube - Image from Feeding Tube Awareness Foundation



Mengapa Kepedulian Itu Penting?

Bagi orang tua yang memiliki bayi yang membutuhkan selang makanan, kesadaran tentang selang makanan berarti mereka dapat memberi makan bayinya di depan umum tanpa ditatap atau dibisikkan. Teman dan anggota keluarga dapat meluangkan lebih banyak waktu untuk memahami apa yang anak itu alami dan memberikan bantuan jika diperlukan, daripada mempertanyakan keterampilan mengasuh mereka.

Kesadaran berarti bahwa orang yang hidup dengan selang makanan tidak akan merasa terisolasi. Ingatlah bahwa selang makanan hanyalah cara lain untuk memasukkan nutrisi ke dalam tubuh Anda ketika Anda tidak dapat melakukannya melalui mulut, dan orang-orang dengan selang makanan menjalani kehidupan yang sangat aktif, dengan perhatian ekstra diberikan pada selang mereka.

Ini hanyalah pengenalan singkat tentang selang makanan. Untuk informasi mengenai selang makanan Anda untuk mengunjungi situs web minggu kepedulian tabung makanan (https://www.feedingtubeawarenessweek.org/). (*)

Alifa Asnia/Penerjemah

Banner Kanan
Logo follow bolong