Baca dalam 3 menit

Manfaat Makan Buah Pir, Bisa Lancarkan Diet

Waktu Publish : 03 Jul 2021, 11:57 WIB
SHARE ARTIKEL

Buah pir - Image from grid.id

Bolong.id - Pir adalah buah berbentuk bel dengan perpaduan rasa manis dan masam. Buah ini sejak dulu dianggap sebagai salah satu asupan makanan dengan gizi yang seimbang, sebab kandungan gizinya sangat melimpah dan beragam.

Seperti buah-buahan pada umumnya, zat gizi yang paling banyak terdapat pada buah pir yaitu vitamin, mineral, dan serat. Akan tetapi, ini belum semuanya.

Selain zat gizi yang telah disebutkan di atas, buah pir juga tinggi akan antioksidan dan senyawa tumbuhan. Semua zat gizi bermanfaat ini tersimpan dalam buah yang rendah kalori, lemak, dan kolesterol.

Konsumsi buah pir secara rutin bisa memberikan tubuh Anda beragam manfaat yang dijabarkan di bawah ini.


1. Mencegah sembelit

Kandungan serat pir cukup tinggi sehingga buah ini dinilai ampuh untuk mencegah dan mengatasi sembelit. Cukup dengan mengonsumsi satu buah pir ukuran sedang, Anda bisa memenuhi 22% kebutuhan serat dalam sehari.

Buah pir juga mengandung sejenis serat yang disebut pektin. Pada sebuah penelitian di Tiongkok, pemberian pektin sebanyak 24 gram per hari selama satu bulan terbukti membantu meringankan sembelit dan mendukung pertumbuhan bakteri usus.

2. Berpotensi menurunkan risiko diabetes

Senyawa flavonoid dalam buah pir disebut-sebut memiliki manfaat dalam menurunkan risiko penyakit diabetes. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian di AS yang melibatkan lebih dari 9.600 orang dewasa berusia 25 – 74 selama sekitar 20 tahun.

Pada penelitian tersebut, orang yang rutin mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran berisiko lebih rendah mengalami diabetes. Selain itu, pir juga memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti buah ini tidak meningkatkan gula darah dengan cepat.

3. Membantu menjaga kesehatan tulang

Buah pir mengandung berbagai vitamin dan mineral penting untuk tulang, di antaranya vitamin K dan boron. Vitamin K bersama mineral lain seperti kalsium, magnesium, dan fosfor bekerja sama untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah pengeroposan.

Sementara itu, boron berperan dalam menambah kepadatan mineral tulang, menjaga kadar vitamin D dalam tulang, dan meredakan peradangan di sekitar tulang. Berbagai fungsi ini merupakan kunci dari tulang yang kuat dan padat.

Saat ditanya tentang sumber kalsium, pasti yang terlintas di pikiran Anda adalah produk susu. Padahal, masih banyak makanan lain yang mengandung kalsium lain selain susu. Yuk, ketahui berbagai makanannya melalui ulasan berikut! Berbagai makanan dan minuman yang mengandung kalsium Memenuhi asupan kalsium sangatlah penting, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

4. Teman diet yang ampuh


Buah pir kaya akan kandungan serat dan air. Pada saat yang sama, buah dengan nama ilmiah Pyrus communis ini juga rendah lemak, kalori, dan kolesterol. Semua ini merupakan kombinasi tepat untuk Anda yang sedang berjuang menurunkan berat badan.

Hal ini bahkan telah terbukti dalam sebuah penelitian terbitan jurnal Food & Function. Setelah para peserta rutin makan pir selama 12 minggu, tim peneliti menemukan bahwa lingkar pinggang mereka mengecil hingga sebesar 2,7 sentimeter. (*)



Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

Festival Bunga Pir (Azalea) ke-21 Diadakan di Chengdu

  • Lupita
  • 17 Mar 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong