Baca dalam 3 menit

Apple Kalahkan Huawei dan Lenovo di Pasar Tablet Global

SHARE ARTIKEL

Tablet Apple (iPad) - Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id – Dilansir dari NetEase News, wabah COVID-19 pada tahun 2020 ini, menyebabkan banyak orang belajar dan bekerja di rumah menggunakan smart gadget mereka.  Hal ini membuat penjualan smart tablet meningkat.

Menurut laporan Canalys, 37,54 juta smart tablet terjual secara global dalam kurun waktu enam bulan, angka ini meningkat 26,1% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pasar smart tablet global juga mengalami perombakan.

Dilaporkan penjualan smart tablet peringkat kelima dalam daftar adalah Lenovo, dengan pangsa pasar 7,5%. Angka ini meningkat 52,9% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Peringkat keempat adalah smart tablet Amaon. Penjualan tablet ini tidak jauh berbeda dengan Lenovo. Amaon juga merupakan merek alternatif selain Lenovo.

Lalu, merek smart tablet apakah yang menjuarai pasar? Tiga top smart-tablet jatuh kepada Huawei, Samsung dan Apple.

Volume penjualan tablet Huawei mencapai 4,77 juta unit, menduduki peringkat ketiga dengan peningkatan 44,5%. Kontributor utama peningkatan penjualan Huawei ini adalah kelompok pelajar, yang juga mencerminkan daya tarik tablet Huawei yang kuat di pasar domestik Tiongkok.

Samsung berada di peringkat kedua. Jika Huawei memenangkan pasar domestik Tiongkok, Samsung memenangkan pasar internasional. Kali ini, penjualan tablet Samsung meningkat sekitar 20 juta unit dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dikarenakan adanya isu bahwa wabah COVID-19 di luar Tiongkok tidak dapat dikendalikan secara efektif dalam waktu lama, diperkirakan penjualan tablet Samsung akan terus mempertahankan pertumbuhan yang kuat di kuartal ketiga tahun 2020.

Pemenangnya adalah adalah Apple. Meskipun peningkatannya tidak lebih dari 19,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dan pangsa pasarnya juga turun 2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.  Namun, Apple tetap saja mengalahkan Huawei dan Lenovo.

Alasan mengapa tablet Apple bisa menang adalah karena ekologi yang cukup sempurna. Hal ini yang membuat Apple mengantongi keuntungan besar lebih awal. Bisa dilihat juga dari data, meski pangsa pasar mengalami penurunan, namun volume pengiriman masih dua kali lipat lebih banyak daripada Samsung. (*)

Terkait

business

Apple Kalahkan Huawei dan Lenovo di Pasar Tablet Global

  • Della Shafira Putri
  • 07 Aug 2020
Logo follow bolong